Cara Ternak Burung Kenari

Peluang Bisnis Usaha Ternak Kenari 2017

Peluang Bisnis Usaha Ternak Kenari 2017

Peluang Bisnis Usaha Ternak Kenari 2017

Gambaran secara umum, beternak burung ialah aktifitas menyenangkan dan juga menguntungkan, apalagi bagi para penghobby burung kicau. Ketika berternak burung, selain hobimu dapat tersalurkan denagn positif, sahabat juga akan mendapatkan pelajaran-pelajaran berharga serta keuntungan dari hasil penjualan burung tersebut.

Diantara burung yang dianggap paling menguntungkan untuk diternakkan ialah burung kenari. Mayoritas para peternak burung pasti akan memasukkan burung kenari ke dalam list burung yang diternak, bahkan tidak jarang pula mereka hanya beternak burung kenari tanpa mengikutsertakan burung-burung lainnya.

Beternak burung kenari memang bisa dijadikan sebagai lahan bisnis baru karena ia mempunyai prospek yang bagus lagi menjanjikan. Burung kenari memiliki banyak peminat bahkan disebut-sebut sebagai burung favorit sepanjang masa.

Selain itu, nilai jual burung kenari pun termasuk yang mahal dan cenderung lebih stabil dibandingkan harga burung-burung lainnya, sehingga tidak akan membuat pusing para peternak.

Bagi para pemula, disarankan untuk beternak kenari lokal yang kecil terlebih dahulu, karena burung lokal relatif lebih mudah dibanding langsung burung kenari besar seperti rokshire, F1, F2 dan F3. Namun, jika sahabat memang telah memiliki pengalaman dan dana, tidak masalah untuk langsung memulai ternak kenari besar seperti kenari gacor dan kenari merah.

Buat sahabat yang berminat dan mau beternak kenari, berikut ini kami sajikan cara dan langkah-langkah yang harus diperhatikan bagi para pemula agar sukses dalam ternak burung kenari.

Cara Membedakan Jenis Burung Kenari Dari Ciri Fisik

Perbedaan jenis kelamin merupakan hal yang wajib diketahui bagi setiap peternak. Apa yang terjadi nanti jika ternyata yang dikumpulkan nanti ternyata sama-sama betina atau sama-sama jantan, hehe.

Mungkin, awalnya akan sedikit sulit membedakan mana kenari jantan dan mana kenari betina, akan tetapi lama-kelamaan akan terbiasa. Inilah beberapa ciri-ciri untuk membedakan jenis kelamin burung kenari dewasa.

Ciri Kenari JANTAN

1. Dubur yang menonjol ke atas.

2. Bunyinya sangatlah nyaring dan ngerol.

3. Badan dan lehernya cenderung ramping dan memanjang.

Ciri Kenari BETINA

1. Duburnya datar tidak menonjol.

2. Bunyinya tidak nyaring dan terkadang putus-putus.

3. Tubuhnya cenderung lebih bulat dan lehernya pendek.

Umur Usia dan Kesiapan Burung Kenari Untuk Kawin

Peluang Bisnis Usaha Ternak Kenari 2017

Peluang Bisnis Usaha Ternak Kenari 2017

Masalah usia dan kesiapan kenari merupaka faktor penting sukses atau tidaknya proses peternakan burung kenari. Idealnya, bagi burung kenari jantan harus berusia 8 bulan dan bagi kenari betina telah berusia 6 bulan. Khusus untuk keturunan jenis kenari besar idealnya telah berusia 10 bulan

Tips Burung Kenari Untuk Kawin

Kenari yang akan atau sedang diternak pastikan dalam keadaan birahi, karena terkadang ada kenari yang telah cukup umur tapi belum birahi, yang akan mempersulit proses penjodohan, selain itu kenari yang ingin dikembangbiakkan juga harus dalam kondisi sehat.

Memahami Ciri Kenari Birahi

JANTAN: Sering berkicau dengan menabrakkan diri ke jeruji sangkar serta melompat-lompat ke kanan dan kiri di dasar sangkar.

BETINA: Sering bercuit yang bermakna memanggil kenari jantan, kerap merobek kertas atau koran di sangkar dan sering mengeleperkan sayapnya.

Prose Perawatan Sangkar Fasilitas Burung Kenari

Jika sahabat telah memiliki sepasang kenari yang telah siap untuk diternak, langkah selanjutnya dengan menyiapkan sangkarnya. Untuk memilih sangkar yang baik untuk ternak kenari, sahabat bisa menggunakan box khusus yang biasanya dijual untuk ternak kenari.

Alternatif kedua yaitu memakai sangkar yang di bagian tengahnya terdapat penyekat sehingga memudahkan penjodohan. Untuk sangkar kenari jantan, sebaiknya memakai sangkar gantung yang agak besar dan ditaruh di tempat yang tenang.

Memperhatikan makanan kenari juga tidak kalah penting demi lancarnya proses ternak, jangan sampai asal memberi makanan. Pakan yang bagus untuk ternak kenari adalah biji kenari (kenari seed), biji sawi, millet, sawi hijau, sawi putih, timun dan buah apel.

Selain itu, jangan sampai terlupa untuk selalu mengisi air di dalam sangkar. Jika ingin yang lebih lagi, sahabat bisa memberikan telur rebus dan multivitamin khusus untuk kenari.

Tahap dan Proses Penjodohan Burung Kenari

Proses ini sama sekali tidak bisa dipisahkan dari proses ternak kenari. Penjodohan kenari merupakan proses memperkenalkan kenari jantan dengan kenari betina dengan cara menaruh kenari pada satu sangkar yang ada penyekatnya atau ditaruh di dua sangkar yang berdekatan.

Namun, cara yang paling ampuh adalah dengan memakai sangkar gantung untuk kenari jantan dan box khusus untuk kenari betina.

Cara Menjodohkan Burung Kenari

1. Dekatkan kedua sangkar tersebut selama kurang lebih 3 hari.

2. Selama 3 hari tersebut, sebaiknya calon pasangan kenari itu dijemur dengan berdekatan setiap pagi (07.00-09.30).

3. Selama itu pula kenari selalu diberikan makanan bergizi seperti yang disebutkan di atas.

4. Jangan sampai kenari terlalu gemuk karena ini akan mengurangi minat salah satu calon pasangan. Ciri kenari yang terlalu gemuk adalah terdapat gumpalan lemak berwarna kuning di bagian leher dan perut. Apabila hal ini terjadi, kurangi takaran pakan dan perbanyak mentimun.

CIRI KENARI YANG COCOK/BERJODOH:

1. Kenari jantan berusaha mendekat kepada kenari betina walaupun terhalang jeruji sangkar.

2. Kenari jantan mengeluarkan kicauan yang bermakna rayuan kepada kenari betina, apabila disambut dengan kepakan sayap dari kenari betina itu artinya rayuannya diterima.

3. Kedua kenari tidak ribut atau berkelahi.

Baca pada artikel berikutnya tentang proses pejodohan kenari pengeraman telur hingga proses perawatan piyik dan sortir burung calon juara agar memperoleh kualitas burung yang baik pada bagian 2. Semoga artikel diatas bermanfaat, Salam