Tips Cara Menjodohkan Burung Kenari

Tips Cara Menjodohkan Burung Kenari — Burung kenari sangat mudah diternak, bermodalkan sepasang kenari yang sudah siap kawin, dengan sangkar khusus penangkaran, dan juga tempat bertelurnya , maka saat produksi sudah siap dilakukan, sudah jadi kebiasaan bahwa sebelum kenari disatukan dalam satu kandang terlebih dahulu harus dijodohkan.

Kenari

Kenari

Nah , saat penjodohan inilah biasannya burung kenari ada yang sukses , ada pula yang bikin pusing pala barbie, sudah gak mau dijodohkan malah jadinya bertengkar saling cakar-cakaran hehe kayak orang saja ! padahal sesi penjodohan ini sangat penting untuk proses kedepannya, dan salah satu faktor suksesnya ternak, baca Tips Mudah Menjodohkan Kenari sebagai berikut

  1. Mungkin usiannya belum sampai pada standartnya, seperti yang sudah saya bahas bahwa usia untuk pejantan sudah matang bisa diatas 8-12 bulan, sementara untuk betina yang siap produksi bisa mulai 7-8 bulan, kadang lebih awal yakni 6 bulanan.
  2. Afkir atau sudah senja, sehingga tingkat fertilitasnya menjadi berkurang, ibarat manusia sudah loyo.
  3. Kenari mengalami sakit, atau ada gangguan lain seperti kondisi lingkungan yang terlalu gaduh atau pencahayaan terlalu terang
  4. Kondisi kandang yang tidak bersih dan kesannya kotor juga sangat berpengaruh.
  5. Terlalu sering dikawinkan sehingga burung kehilangan primanya (jiah kayak atlit aja)
  6. Kenari Kegemukan (terlalu kurus juga bisa menghambat fertilitasnya) gimana mau jodoh Lha Wong penampilan aja gak diperhatiin #asek..
  7. Kondisi salah satu kenari cacat, yaela kenari aja tau mana pasangan yang jos ama yang kurang mantap hehe

Hehe, itulah kira-kira kenapa burung kenari ini gagal dijodohkan, ulasannya sedikit humor sih, namunsemoga tetap bermanfaat bagi pemula , aminn