Ciri Fisik Murai Papua

Ciri Fisik Murai Papua  Irian— Murai Hitam (Black Shama) atau dikenal dengan Murai Papua karena warnanya yang hitam gelap, sama sekali bukan berasal dari Pulau Papua, akan tetapi berasal dari negara Philippina. Burung ini hampir mirip dengan burung murai batu yang kita kenal. hanya berbeda pada warna dan ukurannya saja. Di alam liar MuraIHitam hanya dapat kita temukan di Hutan Tabunan di pulau Cebu dengan jumlah yang semakin berkurang karena perburuan.

Murai Irian0

Ciri Fisik Murai Papua Irian

Mungkin menjadi kesukaan dari hobi dikala waktu luang, mengurus burung langka Murai Irian, awalnya tertarik burung murai Irian karena mata dan bulu hitam legam yang lembut dengan mata biru yang indah aku beli dari penjual burung di pingir jalan yang senantiasa mangkal di sekitaran Munjul Baleendah. Murai Irian aku pelihara dari masih kecil belum makan voor dan bulu ekor yang rusak aku mebili dan akurawat jangkrik dan ulat hongkong adalah makan paforitnya, bunyi suaranya Cuma dua karakter yang menjadi penasaran istilah orang sunda suara Orok (suara bayi).

Sebelumnya kurang faham dengan nama burung tersebuat karena ada kemiripan dengan srigunting dan teman pun berpendapat bahawa burung tersebut srigunting (saeran raja). Dan aku pun mencari identitas karakteristik burung dan nama yang benar burung tersebut.

Perawatan Murai Papua

Murai

Hampir setiap pagi keluarkan dari dalam rumah di jemur dan di gantung di bawah pohon Cemara yang rindang depan halaman rumah, sesekali bunyi dan membuat tetanga merasa keeung atau seram mendengarnya, walau setiap orang yang melintas mendengar suara burung tersebut mereka takut mendengar suara bunyi burung itu.

Setelah sekian bualan berjalan Murai Irian itu menunjukan bulu ekornya yang mulai tumbuh dan panjang menambah ke elokan dari burung Murai Irian itu, panjang  menjuntai tersusun rapih dan sangat indah.

Tidak seperti murai batu biasa, Murai Hitam memiliki suara kicauuan yang sedang saja tidak terlalu keras. Perbedaan jenis kelamin antara jantan dan betina begitu jelas terlihat, yang mana pada Murai Hitam jantan berwarna hitam gelap sedang betina berwarna hitam kecoklatan. Layaknya murai batu biasa, Murai Hitam makanan utamanya adalah serangga dan hewan-hewan kecil lain.

Saat ini mulai berfikir bahwa rasa kasihan terhadap burung langka yang selama ini di pelihara, keinginan untuk melepaskanya tapi khawatir  tidak bisa hidup di alam liar dengan baik, selain tertangkap lagi oleh manusia, takut juga tidak bisa mencari makan sendiri karena sekian lama sudah terbiasa dengan makan yang telah di sediakan dan pastinya sulit beradapatasi dengan lingkungan liar.