Ciri Jantan dan Betina Burung Love Bird Anakan

Ciri Jantan dan Betina Burung Love Bird Anakan — Membedakan jenis lovebird termasuk pekerjaan gampang-gampang susah. Gampang untuk jenis-jenis tertentu tetapi susah untuk jenis lainnya, apalagi kalau masih anakan. Untuk membedakan jenis lovebird bisa digunakan cara sederhana sampai yang ilmiah.Berdasarkan penampilan luar, tingkat kesulitan untuk membedakan jenis  lovebird (dan burung secara umum) dapat dibedakan 3 kelompok lovebird. Ketiga kelompok tersebut adalah kelompok dimorfik (jenis  sangat jelas dapar dibedakan), kelompok intermediate (jenis  agak sulit dibedakan dari penampilan burung), dan kelompok lovebird kacamata (perbedaan jenis  tidak konsisten).

Daftar Harga Burung Lovebird Terbaru 1

Agapornis

Namun secara umum pada banyak jenis lovebird relatif mudah dibedakan jenis  dengan melihat pada penampilan luarnya.Untuk kelompok lovebird dimorfik, seperti lovebird abisinia (Agapornis taranta), lovebird madagaskar (Agapornis cana) dan lovebird muka merah (Agapornis pullaria), jelas mudah untuk dibedakan antara jantan dan betina.

Sementara di kelompok lovebird black collared (Agapornis swinderniana), untuk jantan dan betina sangat sulit dibedakan dan tampak serupa dalam penampilan luarnya, meski pada umumnya lovebird betina mempunyai bulu di bagian kepala dengan warna yang lebih pucat.

Nah bagaimana pembeda jenis  jantan dan betina pada empat jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok lovebird kacamata? Untuk diketahui 4 jenis lovebird kacamata itu adalah lovebird nyasa (Agapornis lilianae), lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis), lovebird topeng (Agapornis personata) dan lovebird fischer (Agapornis ficheri).

Ciri burung lovebird jantan dan betina 

Seperti judul artikel, berikut ini adalah perbedaan relatif (karena memerlukan perbandingan melalui pengamatan) antara lovebird jantan dan betina pada kelompok lovebird kacamata sebagaimana disampaikan Om Yulianto Solo Baru.Om Yuli Solo Baru sudah dikenal memiliki jam terbang yang tinggi dalam menangani berbagai macam jenis burung, baik burung hias maupun burung kicauan dan juga merpati. Khusus untuk burung lovebird, dialah pengorbit burung lovebird Golden Boy Solo.

Ciri-ciri relatif (perlu perbandingan) burung lovebird kacamata jantan:

  • Kepala secara umum lebih kecil dan bulat tetapi rata (Jawa: papak) di bagian atas.
  • Paruh lebih kecil dan relatif kering.
  • Bodi secara umum berukuran kecil di kelompok sejenisnya.
  • Ekor berbentuk huruf  V
  • Supit urang lebih rapat, lebih keras dan letaknya lebih dekat ke pangkal ekor (Jawa: brutu).
  • Waktu bertengger kaki lebih rapat.
  • Saat dipegang, bodi lovebird kacamata jantan terkesan tidak berisi/ enteng/ ramping.
  • Waktu birahi berperilaku seperti mau meloloh (mengangguk-anggukkan kepala seperti mau mengeluarkan makanan melalui paruh).
  • Ngekek lebih pendek.
  • Perilaku lebih gesit dan agresif.

Ciri-ciri relatif (perlu perbandingan) burung lovebird kacamata betina:

  1. Kepala secara umum lebih besar dan menonjol/ menjorok ke atas.
  2. Paruh lebih besar dan relatif basah.
  3. Bodi secara umum berukuran besar di kelompok sejenisnya.
  4. Ekor berbentuk “U”.
  5. Supit urang (tulang pubis) lebih rapat, lebih lebar dan lebih dekat ke tulang dada bagian bawah.
  6. Waktu bertengger jarak dua kaki melebar.
  7. Saat dipegang, bodi lovebird kacamata betina terkesan berisi/ berbobot/ bulat.
  8. Waktu birahi berperilaku membuka-buka sayap “nggaruda”.
  9. Ngekek lebih panjang.
  10. Perilaku lebih tenang dan terkesan malas-malasan
Agapornis taranta

Agapornis taranta

 

Lovebird betina bertengger dengan jarak antar kaki lebih lebar dibandingkan lovebird jantan.Dengan melihat ciri-ciri seperti itu, khususnya perilaku secara umum, maka lovebird yang cenderung bagus untuk diusung ke arena lomba, ya tentu saja burung lovebird betina.Tetapi sekali lagi, itu adalah ukuran-ukuran relatif, yang tentu saja, tidak semua orang bisa membedakan secara pasti karena semuanya juga tergantung pada pengalaman alias jam terbang masing-masing kicaumania.