Ciri Murai Batu Thailand

Ciri Murai Batu Thailand — Mendengar nama murai batu memang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta burung ocehan terutama mengenai burung murai batu asal Indonesia. Tapi jika mendengar nama murai batu asal Thailand mungkin sedikit asing bagi kita karena kebanyakan perlombaan burung ocehan di Indonesia yang sering diikutkan hanya jenis murai batu dari Indonesia dan Malaysia sehingga bertanya-tanya mengenai burung murai Thailand.

murai-batu-malaysia

Burung murai thailand dapat dikatakan jenis murai batu yang mempunyai perbedaan besar dibanding jenis murai batu asal Indonesia dan Malaysia. Perbedaan tersebut dapat terlihat jika memperhatikan bentuk tubuhnya, warna bulunya, dan panjang ekornya. Kita urai saja pertama-tama dari postur tubuhnya yang di mana murai batu thailand memiliki postur tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis murai batu asal Indonesia dan Malaysia. Postur tubuh yang kecil ini menyebabkan murai batu Thailand malas untuk terbang dan lebih suka berjalan-jalan di tanah walaupun begitu ada beberapa jenis murai batu thailand yang memiliki postur tubuh yang sedang dan memilih bertengger di atas ranting pepohonan.

Ciri Fisik Murai Batu Thailand

Nah, setelah melihat postur tubuhnya selanjutnya diuraikan mengenai warna bulunya. Murai batu Thailand yang biasanya dikenal mempunyai warna bulu yang sangat berbeda 180 derajat dari murai batu Indonesia dan Malaysia. Jika kita tahu murai batu asal Indonesia dan Malaysia mempunyai warna bulu yakni warna merah kekuningan di dadanya dan warna hitam pekat tampak menyeluruh di punggung sampai ke ekornya serta warna putih di bagian bawah ekornya. Ini berbeda dengan murai batu thailand, pada punggungnya tampak warna biru tua sedikit kehitaman di bagian punggung dan sayapnya, warna hitam pekat menyelimuti bagian ekor dan kepalanya.

murai-batu-Lampuyang

Sedangkan untuk ekornya bahwa murai batu Thailand mempunyai ekor yang sama panjangnya dengan murai batu Medan asal Indonesia dan murai batu Malaysia yang mencapai 28-33 cm. Ekor yang panjang dimiliki oleh murai batu Thailand dengan postur tubuh yang kecil terlihat sangat eksotis dan cantik sehingga murai batu jenis ini di negara Thailand tidaklah untuk diperlombakan melainkan dijadikan burung hias yang mempunyai nilai seni yang tinggi.

Kebanyakan jenis murai batu di Thailand tidaklah sama nasibnya dengan murai batu yang ada di Indonesia dan Malaysia. Di sana murai batu sangat sedikit yang diikutkan dalam perlombaan burung ocehan karena masyarakat lebih menyukai jenis burung ocehan lain ketimbang jenis burung murai batu. Membicarakan harganya bahwa jenis murai batu Thailand yang berekor panjang seperti yang diuraikan di atas mempunyai harga yang cukup mahal di atas tiga jutaan karena penilaian harganya bukan didasarkan berapa kali memenangi kontes burung ocehan melainkan dilihat dari keindahan warna bulunya, panjang ekornya, dan postur tubuhnya.

Murai batu Thailand jenis ekor panjang penyebarannya dapat dijumpai di perbatasan antara Thailand dan Malaysia dan juga untuk jenis murai batu Thailand yang ekor pendek penyebarannya juga bisa dijumpai di hutan hujan di negara Thailand.

bahan1

Yup, itulah mengenai seluk beluk Murai Batu Thailand yang tampak sangat eksotis dan indah dilihat oleh mata. Jadi, jelas sudah bahwa negara Thailand menyimpan jenis murai batu yang indah dari postur tubuhnya, warna bulunya, dan ekornya yang tidak dimiliki oleh negara manapun termasuk Indonesia dan Malaysia.