Ciri Pleci Ras Auriventer, Buxtoni Dan Zosterops Montanus

Ciri Pleci Ras Auriventer, Buxtoni Dan Zosterops Montanus — Berikut ini kami sampaikan perbedan fisik antar Pleci Ciri Pleci Ras Auriventer, Buxtoni Dan Zosterops montanus yang kami peroleh dari beberapa sumber. Pleci ras auriventer  dan buxtoni (subpesiesZosterops palpebrosus) dan Zosterops montanus memiliki ciri sebagai berikut.

Pleci Auriventer Zosterops palpebrosus auriventer)

Pleci Auriventer Zosterops palpebrosus auriventer)

Pleci Auriventer Zosterops palpebrosus auriventer)

Pleci Auriventer (Zosterops palpebrosus auriventer) Pleci auri memiliki ukuran tubuh lebih besar, dengan warna tubuh bagian bawah abu-abu pucat dan tubuh bagian atas bewarna lebih kekuningan.

Perbedaan yang lebih jelas bisa dilihat dari bentuk lingkar matanya yang lebih tebal dan agak melebar daripada pleci buxtoni. Adapun iris matanya berwarna cokelat.

Pleci auri lebih sering dijumpai di daerah pesisir pantai, terutama pada hutan bakau(mangrove). mereka hidup bersama dalam koloni kecil, sekitar 2 – 6 ekor, dan jarang mau bergabung dengan kelompok pleci lainnya. Tanjung pinang merupakan daerah yang sangat banyak lokasi mangrovenya karena merupakan daerah pesisir laut dan banyak pantainya.

Pleci auri memiliki wilayah persebaran mulai dari ujung selatan Myanmar, pantai barat Thailand, Semenanjung Malaysia, Singapura, hingga wilayah pesisir pantai timur Sumatera, Kepulauan Riau, Pulau Bangka, Kepulauan Natuna Selatan, dan Kalimantan.

Suara kicauan pleci auri lebh ngebass, baik suara panggilan (call) maupun suara kicauan(song). Sekilas terdengar mirip dengan kicauan pleci dada kuning.

Melihat wilayah persebaran tersebut, wajar jika pleci auri banyak dipelihara dan dilombakan para plecimania di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Selain itu, auri dikenal memiliki mental yang sangat baik jika dibandingkan dengan jenis pleci lainnya. Mental ini sangat sesuai dengan perilaku auri yang gemar menjelajah tempat -tempat baru.

Melihat harga pasarannya, pleci auriventer tampaknya menempati urutan teratas untuk kelas burung pleci, bila pleci malang dihargai 50rb per ekor maka auriventer bisa diatas 150rb per ekornya. Namun demikian ada baiknya kita tetap menjaga kelestarian burung ini, karena selain memelihara kita juga punya kewajiban menjaga kelestariannya agar tidak punah.

Pleci Buxtoni (subpesiesZosterops palpebrosus)

pleci buxtoni

pleci buxtoni

Pleci Buxtoni, memiliki ukuran dan panjang tubuh yang lebih kecil dibandingkan jenis Auriventer. Buxtoni memiliki karakter tubuh lebih mirip dengan jenis Pleci dada kuning mata coklat atau Pleci JawaPleci Buxtoni Pleci Buxtoni, Pleci Dasi tebal
Pleci buxtoni umum diketemukan di seputar Sumatera serta lokasi barat Jawa, khususnya dari mulai Bogor sampai lokasi Propinsi Banten. Pleci ini dapat banyak di jual di pasar burung, dalam markas ombyokan, serta umumnya dikumpulkan dengan pleci montanus.
Baca juga Setelan Harian Buxtoni Cepat Ngalas Ngotot

Ciri-Ciri Spesial :

Warna Dada abu-abu dengan garis kuning lebar di bagian perutnya serta warna punggung kuning kehijauan condong gelap

Ukuran Lebih kecil dari pleci auri

Lingkar Mata Standar Pleci Dakun atau lebih tipis dibanding Pleci Auriventer

Nada kicauan buxtoni pas nyaring. Nada kicauan serta nada panggilannya nyaris sama juga dengan pleci dada kuning.

Irislah Mata berwarna Coklat

Pleci Zosterops montanus

Pleci Zosterops montanus

Pleci Zosterops montanus

Pleci Montanus, Pleci Gunung, Pleci Kapur

Pleci montanus di kenal dengan juga nama kacamata gunung. Type ini mempunyai ukuran badan seputar 11 cm, atau semakin besar dari auri serta buxtoni. Perutnya putih keabu-abuan, dengan sisi segi badan berwarna kecokelatan.
Baca artikel kami perihal Setelan Montanus Cepat Gacor

Ciri-Ciri Spesial :

Warna Perutnya putih keabu-abuan, dengan sisi segi badan berwarna kecokelatan serta tenggorokan serta tunggingnya berwarna kuning

Ukuran Semakin besar dari pada pleci lainnya

Lingkar Mata Standar Pleci Dakun

Nada kicauan yang kencang, namun bergetar sebagaimana serak/parau

Irislah Mata berwarna Putih