Cucak Wilis Atau Rengganis

Cucak Wilis Atau Rengganis — Jenis burung cucak-cucakan yang satu ini memiliki bentuk yang unik dan menarik sekali, selain harganya yang murah, burung ini juga memiliki suara yang renyah, lebih mirip Kutilang namun lebih nyaring , ngerol dan rapat, perawatannya pun relatif lebih mudah.

Mengenal Burung Rengganis Alias Cucak Wilis
Burung yang punya nama lain (Pycnonotus) ini fisiknya juga lebih enak dipandang , dengan jambul bintik orange dan area mata. burung ini mudah sekali ditemui apalagi disekitar hutan dikepulauan Indonesia.Burung cucak wilis ini juga sering dikait-kaitkan dengan burung orange-spotted bulbul oleh warga Internasional, meskipun aslinya burung endemik Indonesia, dari beberapa spesies ini dibedakan menjadi 3 jenis dengan wilayah persebaran yang berbeda-beda :
  • Pycnonotus bimaculatus bimaculatus (Horsfield, 1821) : habitat di wilayah baratdaya Sumatera, Jawa  Barat, dan Jawa Tengah.
  • Pycnonotus bimaculatus snouckaerti  (Siebers, 1928) : habitat di wilayah baratlaut Sumatera.
  • Pycnonotus bimaculatus tenggerensis (van Oort, 1911) : habitat di Jawa Timur.
Habitat Cucak Wilis atau Rengganis
Kehidupan mereka dialam bebas biasanya lebih suka dengan daerah pegunungan yang relatif lebih tinggi yakni 800-3000 dpl (diatas permukaan laut) , ada juga yang suka berada diatas puncak gunung sekalipun, sehingga mudah sekali ditemui mulai dari lereng sampai puncak gunung, termasuk didaerah sekitar gunung Merapi.
spotnecked_bulbul_pm
Makanan Untuk Burung Rengganis 
Pakannya seperti biasa, sama seperti Cucak Jenggot , yaitu suka makan serangga , ulat, dan berbagai jenis buah-buahan seperti pisang, pepaya, bahkan buah dari pohon beringin, orang dari Jawa Timur terutama yang tinggal di sekitar gunung Wilis pasti tidak asing dengan burung ini