Kenari Yorkshire Inggris Naik Daun

Bagimana cara merawat burung kenari — Kenari yorkshire belakangan ini sering menjadi incaran para kenari mania. Bentuk dan ciri yang sangat mudah dikenali dari kenari ini adalah warna yang khas dari kebanyakan jenis kenari yang polos.

Kenari pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya. Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius. Banyaknya jenis ini merupakan kondisi alam atau juga karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.

Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti norwich,scoth fancy,bolder fancy,london fancy,yorkshire,lanchaisire,gloser,dan sebagainya.

Nama burung kenari tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu Kepulauan Canary. Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjiing, karena banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu.

Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire identik dengan posturnya yang besar dan panjang dan terlihat seperti wortel yg terbalik. Kenari YS ini pun memiliki tampang sangar karena memiliki kepala yang besar,lebar dan pipih serta bulu dibagian matanya yg panjang, sehingga sebagian matanya terkadang tertutupi oleh panjang nya bulu tersebut. Karena itulah kepalanya terlihat Mbarong begitulah sebutan para penggemar burung yang bertubuh gagah ini

Keistimewaan Kenari Yorkshire

bird-1227539_960_720

Kenari yorkshire adalah kenri import yang biasanya didatangkan dari Inggris (Ring IOA), Italia (Ring FOI), Belgia (Ring AOB), Jerman (Ring DKB) dan akhir-akhir ini beberapa importir di tanah air mendatangkan kenri yokser dari daerah Turki karena dianggapnya memiliki daya adaptasi lebih bagus dibanding canary yorkshire dari negara lain. Perlu anda ketahui bahwa peternak kenari di Indonesia sudah banyak yg sukses dalam membudidayakan Kenari Yorkshire impor dengan canary yorkshire impor juga, sehingga menghasilkan anakan canary yang bernama Kenri yorkshir lokal dan konon kenari yorkshire lokal daya adaptasinya jauh lebih bagus dibanding yorkshire import.

Sahabat Kenari Mania berikut secara garis besar keistimewaan burung kenari yorkshire yang harganya mahal tersebut.

Harga Burung Kenari

1. Burung kenari yorkshire memiliki postur besar dan unik karena ia terlihat seperti wortel yg terbalik.

2. Umumnya memiliki suara lebih keras dibanding jenis kenari kecil lainnya.

3. Memiliki kaki jingkring dan kepalanya yg besar serta mbarong.

4. Kenari Yorkshire asli bila dikawinkan dengan kenari lokal maka akan menghasilkan keturunan bernama kenari F1 ys, F2 ys ,F3 ys dan seterusnya dan harganya juga tidak murah. Sehingga sangat tepat sekali bila dijadikan bisnis yang menguntungkan.

5. Kenari ys ini memiliki potensi bisnis yang sangat menggiurkan karena harganya yg mahal dan stabil, keturunannya pun laku keras di pasaran.

Berikut adalah cara merawat kenari jenis yorkshire dengan beberpa tips lengkap beserta panduan untuk bisa mendapatkan performa maksimal.

Bird Foraging Garden Greenfinch

Bird Foraging Garden Greenfinch

Nah, setelah Anda mengetahui keistimewaan / keunggulan kenari yorkshire di atas, maka kenari kania akan memberikan sedikit tips tentang perawatan Kenari Yorkshire ini:

1. Kenari ys sebaiknya jangan diberikan pakan kiloan melainkan pakan yg sudah jadi (kemasan) karena pakan jadi lebih higienis dan lebih komplit.

2. Jangan perlakukan kenari yorkshire import seperti halnya kenari lokal seperti pemjemuran yg terlalu lama, mandi asal semprot saja, mengingat canary jenis ini butuh adaptasi tinggi dengan cuaca indonesia.

3. Berikanlah ia pakan bergizi namun tidak berlebihan supaya tidak terlalu gemuk, seperti telor puyuh rebus dan apel. Bila kegemukan maka akan berpengaruh terhadapa performa burung kenari itu sendiri.

4. Berikanlah multivitamin yang dicampurkan ke air minumnya.

5. Sebaiknya burung impor yg mahal ini dikrodong di malam hari.

6. Lakukan pembersihan sangkar setiap hari

De ikian artikel singkat tentang rahasia perawatan kenari yorkshire yang kamiperoleh dari beberpa sumber. Semoga bermanfaat.