Mengenal Burung Mozambik, White-bellied dan Brimstone

Mengenal Burung Mozambik, White-bellied dan Brimstone

Mengenal Burung Mozambik, White-bellied dan Brimstone

Mengenal Burung Mozambik, White-bellied dan Brimstone — Burung yang mempunyai nama lain Mozambique serin,Yellow fronted canary dan Green singing finch ini berasal dari afrika dan masih satu ras dengan Burung Kenari dan Burung Blackthroat.Seperti saudaranya,burung kecil ini juga mempunyai suara kicau seperti Blackthroat yakni ngerol dengan speed rapat dan keras.

Umur dari burung ini terbilang sangat panjang,yakni bisa mencapai 15 hingga 20 tahun.Mereka biasa hidup di hutan yang tandus,kering,gersang dan suka di tempat yang ada mata air.Sehingga daya tahan tubuh dari burung ini sangatlah kuat,dan tahan terhadap cuaca yang panas.Hidupnya berkoloni dan berpasangan.

Kenari brimstone

Kenari brimstone atau bully canary merupakan spesies tersendiri, dengan nama ilmiah Serinus sulphuratis. Burung ini juga mempunyai habitat asli di Afrika, terutama di wilayah tengah dan selatan.

Dibandingkan dengan mozanbik dan white-bellied, postur tubuhnya memang sedikit lebih besar (panjang 15-16 cm). Paruhnya berwarna cokelat muda. Bagian atas tubuhnya, seperti dijelaskan sebelumnya. berwarna kuning-kehijauan dengan garis-garis hijau gelap.

Di daerah sekitar cuping telinga terdapat warna kuning kehijauan. Pada sayapnya terdapat dua garis kuning. Adapun tubuh bagian bawah berwarna kekuningan, tersapu oleh warna kehijauan pada bagian samping perut dan dadanya.

Burung betina memiliki warna yang sama dengan jantan, namun cenderung lebih kusam. Pada bagian wajahnya terdapat garis cerah berwarna kuning.

Kenari white-bellied

Kenari white-belied (Serinus dorsostriatus) juga berasal dari Afrika, dan banyak ditemukan di Ethiopia, Kenya, Somalia, Sudan, Tanzania dan Uganda. Postur tubuh dan warna di seluruh tubuhnya memiliki kemiripan dengan mozambik, sehingga sulit membedakan keduanya secara sekilas.

Tengara terpenting adalah postur tubuhnya yang lebih besar dan corak di kepalanya yang agak  berbeda.

Mozambik

Ciri-ciri burung Mozambik jantan:

Bulu warna jantan lebih kontras.

Kicauan burung jantan ngerol panjang.

mempunyai garis hitam seperti kumis.

Ciri-ciri burung Mozambik betina:

Sedangkan bulu warna betina agak kusam.

Kalo betina jarang sekali yang bisa ngerol.

Burung betina mempunyai noktah hitam di leher seperti kalung.

Kenari mozambik mempunyai nama ilmiah Serinus mozambicus. Dalam literatur perburungan internasional, burung imut ini disebut yellow-fronted canary, dan sering dijuluki sebagai green singing finch.

Panjang tubuhnya sekitar 10 cm, namun ada juga yang mencapai 11 – 13 cm. Artinya, sulit bagi kita untuk membedakannya dari brimstone dan white-bellied hanya dari panjang tubuhnya.

Lebih baik amati bagian punggungnya yang berwarna hijau. Ini berbeda dari kenari brimstone yang bagian punggungnya berwarna kuning kehijauan, dengan garis-garis hijau gelap.

Tetapi, Anda benar-benar akan kesulitan untuk membedakan mozambik dan white-bellied. Sebab warna punggung keduanya hampir sama. Bahkan kemiripan itu dijumpai pada hampir semua bagian tubuhnya.

Postur tubuh white-bellied memang sedikit lebih besar daripada mozambik. Tetapi jika Anda membelinya tanpa pembanding, tentu tetap sulit. Satu-satunya yang bisa membantu adalah melihat corak kepalanya yang sedikit berbeda (silakan lihat kembali gambar di atas).

Mozambik jantan dewasa memiliki bulu sayap dan ekor berwarna cokelat. Bagian bawah tubuh (dada, perut, dan pantat) berwarna kuning. Kepalanya berwarna kuning dengan mahkota yang berwarna abu-abu. Warna abu-abu juga dijumpai pada bagian tengkuk, dengan garis hitam yang memanjang.

Burung betina memiliki kemiripan dengan burung jantan, hanya saja warnanya cenderung lebih kusam. Untuk mengetahui lebih detail tentang burung mozambik, silakan buka kembali artikel terdahulu

Sahabat Masterburungkicau perlu ketahui, burung jenis finch ini di impor dari benua afrika,namun sekarang ini,burung jenis ini termasuk dalam kategori Appendix III of cites,yaitu burung yang sudah tidak bisa di impor.Maka dari itu jika anda punya burung ini sebaiknya berniatlah untuk membudidayakannya,karena burung ioni akan sangat langka di indonesia ini. Dan tentunya harganya akan jadi selangit.