Mengenal Istilah Murai Bordan

Mengenal Istilah Murai Bordan —  Apa Pernah mendengar istilah murai batu bordan? Kreativitas beberapa penangkar murai batu, yang Menyilangkan murai batu medan (Copsychus malabaricus tricolor) jantan dan murai batu borneo (Copsychus malabaricus suavis) betina. Hal ini bertujuan ingin memadukan dua gaya dan karakter (mental) dari kedua murai batu berbeda jenis. Nah adakah bukti bahwa filial pertama (F1) dari persilangan ini mampu menunjukan berbagai keunggulan dari kedua jenisnya, terutama bukti nyata saat lomba? mari kita simak analisis Masterburungkicau.com berikut ini.

Dapatkan artilkel terkait : harga murai bordan 2015, cara merawat murai bordan, ciri murai bordan jantan, harga murai batu bordan 2015, harga murai bordan gacor, murai bordan juara, murai bordan betina, download suara murai bordan mp3.

Mengenal Istilah Murai Bordan

Sebelumnya kami  berbagi informasi, bahwa sambil memahani hobi burung, tidak ada  salahnya kita untuk menambah wawasan. Banyak kicaumania yang mengatakan murai batu bordan merupakan hasil persilangan antara murai batu medan dan murai batu borneo.

Penggunaan istilah persilangan (crossing) dalam kasus ini tidak tepat, karena crossing adalah istilah perkawinan 2 spesies yang berbeda jenis . Misalnya antara white-rumped shama (Copsychus malabaricus) dan white-crowned shama (Copsychus stricklandii).

Namun murai batu medan dan murai batu borneo masih satu jenis spesiesnya, yaitu Copsychus malabaricus, meskipun subspesies berbeda rasnya. Murai medan adalah ras tricolor, dan murai borneo adalah ras suavis.

Pembahasan Mengenai Hasil Perkawinan

Baik murai batu medan maupun murai batu borneo punya kelebihan masing-masing. Murai batu medan terkenal memiliki suara kicauan yang sangat variatif dan gaya tarung nagen  dalam hal suara tembakannya keras. sedangkan murai batu borneo memiliki kekhasan gaya bertarung, yaitu dadanya. Jenis murai batu memiliki stamina prima, power  dan mental juara.

Dari berbagai keunggulan tersebut  disatukan pada keturunan hasil perkawinan murai berbeda ras tersebut. Beharap , F1 yang dihasilkan nantinya memiliki gaya bertarung dari kedua murai batu tersebut yaitu sangat Atraktif, memiliki suara yang variatif, mental bertarung yang bagus, stamina prima, dan power kuat.

Suara Murai Baru Bordan

Karena belum ada upaya untuk membentuk galur baru dari anakan murai batu borneo dan murai batu medan, maka hasil yang diperoleh sangat bervariasi, dan belum bisa dijadikan kesimpulan final.

Dari sisi penangkar murai, masih banyak hal yang dapat dieksplorasi dari perkawinan murai beda ras tersebut. Misalnya, perlu dicoba bagaimana jika F1 dikawinkan dengan F1. Atau diteruskan lagi dengan perkawinan F2 dan F2, F2 dan F1, dan seterusnya.

Perawatan Murai Batu Bordan

Bahkan, F1 ini bisa dikawinkan lagi dengan jenis ras berbeda, yaitu murai batu ekor hitam (Copsychus malabaricus melanurus) untuk memperoleh variasi baru lagi. Ini menjadi tantangan yang mengasyikkan bagi para breeder murai batu di Indonesia. Bagaimana dengan perawatan murai batu bordan? Ya sama seperti murai batu biasa. Semoga bermanfaat.

Dapatkan artilkel terkait : harga murai bordan 2015, cara merawat murai bordan, ciri murai bordan jantan, harga murai batu bordan 2015, harga murai bordan gacor, murai bordan juara, murai bordan betina, download suara murai bordan mp3.