Pilih Cendet Atau Gonggo Lilo Si Cucak Biru

Pilih Cendet Atau Gonggo Lilo Si Cucak Biru — masterburungkicau.com. Dua burung kicau asli lokal ini cukup sukses menjadi salah satu favorit para pehobi burung berkicau. Burung Cendet atau Pentet dan Burung Cucak Biru (asian fairy bluebird) alias Gonggo Lilo. Keduanya memiliki suara yang khas serta warna yang menawan menjadi pemikat utama dua burung kicauan predator ini.

pentet atau cendet

pentet atau cendet

Cendet merupakan burung lokal yang memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan menjadi burung kicauan yang menjanjikan. Salah satu burung predator yang memiliki variasi isian suara cukup banyak layaknya mrai batu dan cucak hijau

Di  Daerah Jawa Barat, Cendet disebut juga Toet. Perkembangan Populasi burung ini masih cukup banyak, habitatnya tersebar hampir diseluruh kawasan Indonesia. Cendet juga termasuk burung petengger dan pemangsa yang cukup agresif dari Famili Laniidae, subfamili Laniinae dan Genus Lanius. Tercatat kira-kira ada sekitar 70 an spesies Cendet hingga saat ini.

Disisi lain , soal suara atau kicauan, Cucak Biru atau orang jawa kerap menyebutnya dengan Gonggo Lilo ini memang kalah moncer dibanding burung pekicau lain, misalnya Cucak Hijau. Namun, beberapa pecinta burung mengklaim irama kicauan burung ini bisa setara dengan Cucak Hijau bila dilatih dengan benar.

Di habitat aslinya, burungCucak Biru sebagian besar berkembang biak di hutan primer atau hutan lebat dan di hutan hujan. Wilayah Sumatera, India, Srilanka, hingga Filipina bagian selatan adalah daerah populasi terbanyak burung ini.

cucabiru

“Cendet adalah burung cerdas meskipun predator. Untuk breeding memang belum ada yang berhasil,” terang Aji Santoso salah satu pehobi asal Bantul yang memelihara berbagai jenis burung ini, Jumat (13/11/2015).

Selain faktor pengetahuan tentang sarang yang susah dijangkau, karena burung ini sarangnya di pepohonan yang tinggi, secara ekonomi juga belum terlalu menguntungkan. Kalau Cucak Biru sebenarnya cukup bervariasi suaranya, bila dapat yang muda, sangat berpotensi dilatih

Lanjut Aji, untuk harga dua burung ini cukup terjangkau, masih di angka ratusan ribu rupiAH, hanya saja, ketika burung ini bisa bagus, menirukan bunyi burung lain, kalau bisa ngeroll, harganya bisa jauh sekali dari burung bakalan yang memang cukup murah.

Di pasaran saat ini, harga untuk bakalan Gonggo Lilo sekitar Rp 350 ribu. Bila sudah bersuara, harganya mencapai dua kalilipat atau sekitar Rp 700 ribu. Sementara untuk Cendet berkisar Rp 500 ribuan. Dikutip Tribun, Baca artikel lain seputar suara cendet, cendet madura, cendet kembang, cendet anakan, cendet jantan, cendet gacor, cendet juara, cendet mp3. salam