Ratusan Jenis Kolibri Ada Tujuh Paling Favorit

Ratusan Jenis Kolibri Ada Tujuh Paling Favorit — Kolibri adalah penerbang yang ulung dengan gerakan sayap yang sangat cepat, satu detik mencapai 12-80 kali kepakan. Seorang peneliti dari Universitas California bernama Christopher Clark melakukan pengamatan untuk mengukur kecepatan burung kolibri betina, Christopher mengambil gambar menggunakan kamera super cepat sehingga bisa menangkap setiap gerakan dari burung kolibri. Ia berhasil mendapatkan 500 gambar yang berbeda dalam satu detik.

800px-sparkling_violet-ear_colibri_coruscans_11

Karena kolibri terbang sangat cepat, maka ia membutuhkan tenaga yang cukup besar dan untuk mendapatkan energi yang besar, seekor kolibri membutuhkan asupan makanan yang berkalori tinggi seperti nektar atau bagian dari inti sari bunga yang dihisap dengan paruhnya yang kecil dan panjang. Varietas kolibri berparuh panjang mendapatkan makanannya dengan cara menghisap madu seperti biasa, namun untuk varietas lain, kolibri akan mengebor sebuah lubang menembus pangkal bunga ke dalam madu lalu menyisipkan paruhnya dalam lubang tersebut.

Cara kolibri yang seperti itu juga dapat membantu bunga untuk penyerbukan silang, karena biasanya serbuk sari akan terbawa pada kepala atau paruh kolibri dan kemudain berpindah dari satu bunga ke bunga yang lain.

Kolibri Ninja

Dinamakan kolibri ninja karena memiliki bulu hitam dan warna gabungan kuning dan biru yang sangat berkilau. Warna gabungan ini tidak harus kuning dan biru, terkadang merah dan hijau dan sebagainya.
Kolibri ninja merupakan jenis burung yang sangat diburu di spesiesnya, karena sangat gacor (Rajin Bunyi) dalam berkicau.

Kolibri Sepah Raja

Burung kolibri sepah raja juga memiliki ciri sendiri yaitu tubuh kecil, paruh panjang dan memiliki corak warna merah di bagian kepala. Makanan kesukaannya adalah nektar, dan menyukai hinggap di pohon, perkebunan dan tepi hutan.

Kolibri Kelapa (Kolibri Manggar)

Merupakan kolibri yang memiliki kepala agak kuning dan warna mengkilap dikepala, makanan kesukaannya kroto. Burung ini juga memiliki tingkah unik yaitu galak dan ganas terhadap burung sekitarnya.

Kolibri Sriganti / Sogok Ontong

Ciri ciri yang mencolok adalah warna kuning kepala dan badannya, namun memiliki warna mengkilap di dada, makanan kesukaannya adalah nektar, air dan gula. Tingkah uniknya mencolok saat berebut kawasan seperti penjajahan.

Kolibri Lebah

Jenis ukuran paling kecil diantara spesies kolibri berkisar 1,8 gram dan panjang 4 cm, burung ini sangat bermanfaat untuk menyuburkan bunga dan pepohonan.

Kolibri Jawa

Ciri – ciri kolibri jawa tampak pada paruh yang panjang dan memiliki warna seperti cabe merah.
Tempat favoritnya adalah pohon yang memiliki bunga benalunya, dan burung ini memiliki sifat ribut dengan burung yang tidak disukainya.

Kolibri Wulung

Kolibri wulung memiliki ciri yang berbeda diantara kolibri lainnya, bila ninja memiliki warna seragam hitam dan biru berkilau. Kolibri wulung justru berbeda yaitu memiliki warna yang berwarna warni, kepala metalik dada orange kuning dan sayap campuran kuning, metalik dll