Seputar Pleci Black Capped

Seputar Pleci Black Capped — Berikut ini kami sampaikan informasi mengenai burung kicau yang menjadi favorit pleci mania yaitu pleci black capped secara lengkap. Mulai dari pola perawatan harian hingga ramuan vitamin secara alami yang memungkinkan anda mendapatkan hasil maksimal dari burung pleci black ini.

Ciri Fisik Pleci Black Capped / Cap

Pleci Black Capped

Pleci Black Capped

Sesuai dengan namanya, pleci black capped memiliki ciri warna hitam di ujung kepalanya. Warna dadanya abu-abu dan punggungnya kuning kehijauan. Suara kicaun pleci black capped cenderung pelan namun mendengung seperti suara gitar bass. Posturnya lebih ramping dan iris matanya berwarna coklat/putih.

Makanan Dan Habitat

Meski tergolong agresif, kacamata topi hitam termasuk burung sosial dan sering terlihat mencari makanannya dalam kelompok kecil yang berjumlah 2-5 ekor burung. Mereka sering terlihat aktif mencari makanan sepanjang hari hingga petang hari, sebelum mereka mencari tempat bertengger untuk beristirahat. Makanan favorit burung satu ini adalah nektar dari sari buah yang terdapat di alam.

Pola perawata harian Pleci Blac Capped

Untuk topi hitam yang sedang naik daun ini, perawatan harian bisa dipastikan sama dengan pleci jenis lainnya. Karena sangat aktif, topi hitam membutuhkan pakan yang kaya kalori (energi metabolisme), karbohidrat, dan protein, untuk membantu aktivitas sehari-hari, meski hanya berada di dalam sangkar.

Pola rawatan yang teratur dengan pemberian pakan bergizi sangat menentukan apakah pleci ini akan menunjukan kualitas suara seperti yang Anda harapkan. Pemberian pakan sebisa mungkin harus bisa menggantikan kebutuhan pakan di alam liar. Misalnya, nektar atau sari bunga bisa diganti dengan nektar buatan. Ulat dan laba-laba kecil bisa digantikan dengan ulat kandang atau ulat hongkong warna putih.

Baca Cara Membuat Nektar Untuk Burung

Kroto harus diberikan dalam keadaan segar. Sedangkan jangkrik kecil tergantung dari kebiasaan burung. Jika burung mau jangkrik hidup, berikan saja sesuai dengan setelan sehari-hari. Jika pleci tak mau makan  jangkrik hidup, bisa diganti dengan tepung  jangkrik. Jangan lupa pemberian buah-buahan seperti pisang dan sejenisnya, dan pakan kering berupa voer lembut / halus .

Meski dikenal sebagai burung sosial / koloni, sebagaimana jenis pleci lainnya, black-cap bersosialisasi secara terbatas, terutama dengan burung sejenis yang masih merupakan keluarganya, seperti burung betina dan jantan yang berkumpul bersama anak-anaknya yang masih kecil maupun sudah dewasa. Ketika berkumpul dengan pleci yang tidak memiliki hubungan kekeluargaan, watak agresifnya terkadang muncul

Karena itu, untuk melatih pleci topi hitam agar rajin berbunyi, sebaiknya pisahkan burung dari kelompoknya atau dari keberadaan pleci jenis lain yang terlihat olehnya. Ini untuk mencegah pleci lain yang sudah bersuara bagus akan menjadi tertekan oleh sikap dominasi dari pleci topi hitam, sebagaimana yang terjadi di habitat mereka  di Taman Nasional Gunung Kinabalu,  Sabah. Di kawasan konservasi ini, pleci topi hitam terbukti telah menyingkirkan pleci everetti (Zosterops everetti ) dari habitatnya.

Selebihnya, pola perawatan topi hitam tak jauh berbeda dari perawatan pleci jenis lainnya. Dalam beberapa hal, karena watak agresifnya cukup menonjol (sama seperti pleci enggano / salvadori), mental kacamata topi hitam jelas lebih bagus. Burung ini juga dipercaya lebih mudah dalam perawatannya, bahkan lebih cepat jinak daripada jenis pleci lainnya.

Harga Dan Suara Pleci Black Capped

Pleci Black Capped

Pleci Black Capped

Harga pasaran burung ini terbilang cukup murah karena di pasarkan sekitar harga Rp. 250.000,- sampai dengan Rp.350.000, – saja untuk membawa pulang burung satu ini. Semua tergantung kondisi burung yang anda dapatkan. Sahabat demikan artikel seputar burung pleci kacamata Black capped. Simak terus artikel berita seputar burung kicau hanya di masterburungkicau.com