Suara Dan Ciri Pleci Papua

Suara Dan Ciri Pleci Papua — Pulau Papua mempunyai sumber daya alam dengan keragaman dan ciri khas yang unik, termasuk keragaman spesies burung lokal. Tak mengherankan bila di Papua juga memiliki burung pleci yang berbeda dari spesies yang telah kita kenal selama ini. Namanya burung kacamata dagu-kuning / black-fronted white-eyed (Zosterops minor) yang memiliki suara mengalun indah dan sangat lantang.

13_32_028_Zosterops_minor_minor

Zosterops merupakan marga penciri burung kacamata, dan memiliki jumlah anggota terbesar. Secara tradisional, genus ini dimasukkan ke dalam suku Zosteropidae; namun berdasarkan kajian filogeni terbaru, bisa jadi kelompok ini merupakan bagian dari suku Timaliidae.

blackcrowned_whiteeye_01_obi

Daerah persebarannya adalah di wilayah tropika Afrika, Asia (Indomalaya), dan Australia bagian utara. Panjang tubuhnya (dari ujung paruh hingga ujung ekor) berkisar antara 8–15cm. Ciri yang paling jelas adalah adanya lingkaran (garis) putih yang mengelilingi mata, meskipun ada beberapa jenisnya yang tidak memilikinya. Nama marganya berasal dari kata Yunani zosterops, yang berarti ”sabuk mata”. “wikipedia “

black-fronted-white-eye

Kajian terhadap data DNA yang terbaru menghasilkan gambaran bahwa marga ini kemungkinan bukan monofiletik. Meski demikian baru sedikit spesies yang telah dipelajari, dengan jenis-jenis dari Kepulauan Mikronesia yang paling banyak dikaji contohnya. Agaknya terdapat dua kelompok garis kekerabatan kelompok timur yang nampak jelas berbeda dan kelompok barat yang kekerabatannya lebih dekat dengan jenis-jenis Asia Timur. Kekerabatan kelompok yang pertama (kelompok timur) dengan burung-burung marga Rukia masih perlu diteliti lebih lanjut. Juga, jenis kacamata Tanjung Harapan nampak berbeda garis kekerabatannya dengan jenis-jenis selebihnya, namun hal ini belum bisa dipastikan.

Ciri Fisik Pleci Papua

Penampilan burung kacamata dagu-kuning, atau bisa juga disebut pleci dagu-kuning, sepintas mirip kacamata dahi-hitam / black-crowned white-eye (Zosterops atrifrons) dari Sulawesi. Karena kemiripan itu, pleci dagu-kuning sering dianggap sebagai subspesies dari kacamata dahi-hitam. Padahal wilayah persebarannya saja berbeda.

Kacamata dagu-kuning mempunyai postur tubuh kecil, dengan panjang sekitar 11 cm. Tenggorokannya kuning cerah, sangat kontras dengan dadanya yang putih bersih. Dahi berwarna hitam, dengan lingkar mata berwarna putih yang lebar dan terputus. Adapun bagian mahkota dan penutup telinganya hijau kekuningan.