Tips Burung Cililin Isian Murai Batu

Tips Burung Cililin Isian Murai Batu — masterburungkicau.com. Selamat pagi dan salam sejahtera untuk pecinta burung kicau di tanah air, November ini redaksi siapkan artikel pilihan yang membahas burung kicau yang tengah naik daun karena suaranya yang sangat variatif. Burung cililin menjadi lirikan baru para pecinta burung kicau yang ingin mendapatkan suara murai dengan volume yang tinggi. Berikut kami sampaikan info selengkapanya mulai dari jenis jantan dan betina burung cililin, perawatan harian, dan tips isian serta informasi harga terbaru di pasar brung berbagai daerah di indonesia.

Mengenal Burung Cililin

Tips Burung Cililin Isian Murai Batu

Tips Burung Cililin Isian Murai Batu

Burung Cililin ( Platylophus galericulatus ) adalah burung dengan karakter petarung dan gampang terpancing emosinya. Ketika ada burung lain berbunyi Burung ini akan langsung terpancing karakter aslinya dan akan berbunyi selantang-lantangnya. Adapun mengenai suaranya, burung ini tidak mempunyai variasi lagu yang banyak dan cenderung monoton mengeluarkan bunyi berirama melengking panjang. NAmun ini dia potensi yang bisa sahabat manfaatkan untuk mengisi dengan suara burung lain seperti cucak ijo, jalak, murai dan cucak rowo.

Ciri Khas Burung Cililin

Burung Cililin

Burung Cililin

Burung dengan ciri khas jambul dikepalanya ini diketahui ada tiga jenis, yaitu yang berasal dari pulau Sumbawa dan Sumatera dengan ciri khas warna bulunya berwarna coklat dan yang satu lagi dari pulau Jawa dengan ciri utama berwarna hitam. Perbedaan dari ketiga burung ini secara fisik tidak berbeda jauh. Adapun mengenai ciri-ciri fisiknya burung ini mempunyai ukuran postur tubuh yang besar, pada bagian kepalanya terdapat jambul, warna putih kombinasi hitam terdapat pada tengkuknya, ekor panjang dan agak lebar.

Ciri Jantan Dan betina Burung Cililin

Tips Burung Cililin Isian Murai Batu

Untuk membedakan antara burung cililin jantan dan betina, kita bisa melihat dari ciri fisiknya. Adapun ciri-ciri burung Cililin jantan mempunyai bintik putih di alis mata lebih kecil, bulu putih yang terdapat di leher terlihat lebih tebal dan warna hitam sebagai pemisah terlihat jelas, badan dan kepala terlihat lebih besar, warna terlihat lebih pekat atau tua, posisi badan lebih tegak, lebih sering bunyi dibandingkan Celilin betina dan mempunyai karakter suara yang rapat, panjang dan kasar. Sedangkan ciri-ciri burung Celilin betina mempunyai bintik putih di alis mata lebih besar, bulu yang putih terdapat di leher lebih tipis dan terlihat kurang jelas pada warna hitam pemisahnya, badan dan kepala terlihat cenderung lebih kecil dibanding yang jantan, warna lebih terlihat lebih muda, posisi badan lebih datar, jarang bersuara dan tidak rapat, lebih pendek dan halus.

Perwatan Burung Cililin

Dalam perawatannya, burung ini bisa di bilang agak sulit seperti halnya perawatan burung-burung pemakan serangga lainnya. Karena itu, burung ini harus mendapatkan perlakuan khusus dalam perawatannya sebab jika tidak burung ini mudah stres dan mati. Berikut kami berikan tips perawatanBurung Celilin berdasarkan pengalaman dan masukan dari berbagai sumber.

Berikan voer jika burung Celilin yang kita pelihara sudah makan voer dengan takaran secukupnya saja jangan sampai berlebihan atau kurang kemudian berikan jangkrik pagi sebanyak 8-10 ekor, siang harinya berikan jangkrik sebanyak 3-5 ekor dan sore harinya berikan lagi 8-10 ekorjangkrik. Jika tidak ada jangkrik, kita juga bisa menggunakan EF lainnya, misalnya belalang, ulat Hongkong atau ulat Bambu.

Untuk menjaga proses metabolisme tubuhnya berfungsi sempurna, burung Cililin harus kita jemur karena sinar ultra violet sangat penting dalam proses metabolisme. Adapun lamanya penjemuran cukup selama 15-25 menit-an dan jangan sampai lebih dari itu karena burung cililin termasuk ke dalam jenis burung yang tidak terlalu kuat dengan panas, penjemuran juga cukup dilakukan 3 kali dalam seminggu di bawah cuaca yang baik.

Burung Celilin yang sudah makan voer, juga sangat membutuhkan air dengan porsi cukup banyak. Untuk memenuhi kebutuhan minumnya. Makanya dalam pemberian minum juga kita harus benar -benar perhatikan jangan sampai kekurangan, dalam air minumnya kita bisa berikan suplemen minuman untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya.