Tips Memilih Cendet Putih Yang Bagus

Tips Memilih Cendet Putih Yang Bagus — Burung cendet itu ternyata tak hanya satu warna. Akan tetapi burung cendet memiliki jenis lebih dari tiga warna. Kita sering saksikan berbagai macam variasi warna burung cendet di lomba-lomba atau pun di pasar-pasar atau bahkan kini udah banyak dimiliki para hobiis burung kicau. Dan salah satu yang menarik perhatian adalah Burung Cendet Putih atau Burung Cendet Albino.

Burung Cendet Putih 1

Secara umum setiap jenis burung cendet memang memiliki kecerdasan yang hampir sama dalam merekam aneka suara yang dia terimanya. Burung cendet yang paling tenar di arena kontes suara adalah berkepala hitam, Abu-abu atau Burung Cendet Madura. Sedang Burung cendetyang masih belum banyak di konteskan adalah Burung Cendet Putih. Burung Cendet jenis ini masih jarang ditemukan di pasar burung.

Burung Cendet Albino memang tergolong masih langka dan sulit ditemukan. Meski demikian salah satu hobiis burung kicau yang merupakan Adik kandung Sultan Hamengku Buwono Jogja, H.Prabukusumo ternyata sudah memiliki seekor burung cendet warna putih, selain Burung cendet kepala hitam.

Burung Cendet Putih 2

Sama halnya dengan Burung cendet lain, burung cendet putih juga tergolong burung cerdas karena mampu menirukan suara burung yang lain dengan kecepatan rekam yang luar biasa.

Burung Cendet Putih terjadi karena adanya kelainan genetika akibat mixing atau perpaduan gen saat terjadi perkawinan dari induknya. Kelainan inilah yang menyebabkan Burung cendetmenjadi putih atau albino. Burung Cendet Albino kehilangan pikmen melamin.

Burung Cendet Putih 6

Kelainan genetis pada Burung cendet ini malah menjadi menarik para hobiis. Burung cendet malah terlihat unik dan cantik. Sehingga tak jarang Burung Cendet Albino atau Putih ini malah banyak dicari.

Ciri Fisik Burung Cendet Putih

Secara kasat mata, burung cendet putih memiliki ciri fisik sebagi berikut :

  • Dada tampak putih dan ke abu abuan

  • Kicauannya receh, suara burung cendet kencang sama dengan cendet yang lain

  • Paruh lebih pendek serta rapat

  • Kurang galak di banding cendet yang berkepala hitam

  • Harga masih cukup tinggi karena burung ini banyak di buru para kicau mania.