Tips Menjaga Nafas Kenari Agar Panjang

Nafas Kenari Panjang — masterburungkicau.com. Burung kenari adalah termasuk hewan yang sensitif. Oleh karenanya, dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam memeliharanya. Lebih-lebih lagi jika kenari dijadikan hewan ternak. Maka untuk memeliharanya membutuhkan tenaga yang ekstra. Banyak hal yang bisa mengakibatkan munculnya penyakit bagi kenari. Pengaruh lingkungan, pergantian cuaca, menu pakan kenari, kondisi sangkar yang tidak sehat adalah beberapa faktor penyebabnya. Salah satu penyakit yang sering terjadi pada kenari adalah gangguan pernapasan.

kenari-gacor-usahaternak-cover

Oleh karena itu diperlukan tindakan cara mengatasi gangguan pernapasan pada kenari. Dari berbagai sumber yang telah saya baca, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa saya simpulkan sebagai bahan pembelajaran dan pengalaman bagi para peternak kenari.

Gangguan Pernapasan Kenari

Penyakit gangguan penapasan sering menyerang burung kenari, baik kenari jantan maupun betina. Penyebab dari penyakit pernapasan adalah adanya infeksi sekunder pada saluran pernapasan oleh E coli dan virus sejenis Mycoplasma gallisepticcum yang lebih terkenal dengan nama CRD (Chronic Respiratory Desease). Jika sudah kronis, penyakit pernapasan sangat sukar disembuhkan dan biasanya lama kelamaan burung kenari yang terinfeksi penyakit ini akan mati. Penyakit pernapasan bersifat menular. Penularan penyakit ini dapat terjadi melalui kontak langsung antara kenari yang terinfeksi dari kenari. yang sehat. Contohnya, indukan yang terinfeksi penyakit dan menyuapi anaknya, maka anak-anak burung yang disuapi akan tertular oleh penyakit tersebut. Penularan penyakit pernapasan juga dapat terjadi melalui keturunan. Anakan kenari yang berasal dan indukan yang sudah terkena penyakit akan mewarisi penyakit yang dimiliki oleh induknya tersebut. Penularan penyakit pernapasan dapat juga terjadi melalui makanan, minuman, lingkungan kandang yang kurang bersih, dan makanan atau minuman yang tercemar kotoran burung yang terinfeksi penyakit.

Supaya-Burung-Kenari-Cepat-Bersuara

Gejala Penyakit Pernapasan KenariPenyakit pernapasan yang tampak terlihat adalah burung sering bersin-bersin, pada malam hari yang cuacanya dingin pernapasannya ngorok, hidung lembab atau basah berlendir, dan aktivitas atau gerak burung menurun. Jika kenari anda mengalami hak seperti ini, maka tindakan preventif dan kuratif untuk mengatasi penyakit pemapasan yang harus dilakukan adalah :

Burung kenari yang terinfeksi penyakit pernapasan segera diisolasi di kandang tersendiri dan diobati agar tidak menular kepada burung-burung kenari yang lain.
Sangkar, tempat makan, dan tempat minum selalu dikontrol dan semua kotoran yang terdapat di dalam sangkar ataupun di dalam wadah makanan/minuman selalu dibersihkan.
Makanan yang akan diberikan dicuci bersih dan dikeringkan untuk menghilangkan kemungkinan adanya residu pestisida pertanian yang membahayakan kesehatan burung.
Minuman yang kotor segera diganti dengan air yang bersih, segar, sehat, dan tidak mengandung bahan-bahan beracun yang membahayakan kesehatan burung. Air untuk minum direbus terlebih dahulu hingga mendidih untuk membunuh semua jenis bibit penyakit yang terdapat di dalamnya.

Selain cara perawatan diatas, anda juga memerlukan obat untuk bisa mengatasi penyakit gangguan pernapasan pada kenari. Obat yang pernah saya berikan pada kenari saya dan terbukti bisa menyembuhkan adalah diantaranya :

Napas 1 : Untuk mengobati gangguan pernapasan berupa pilek, cekreh cekreh, batuk, asma, volume suara mengecil/ hilang, suara serak dan lagu menjadi pendek pendek.
Napas 2 : Untuk mengobati penyakit pernapasan kronis yang membandel, asma, batuk, cekreh diikuti keluarnya ingus dari hidung bahkan sampai pembengkaan pada kaki

Dari keterangan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa untuk menjaga kesehatan kenari sangatlah penting. Tidak hanya dari faktor (eksternal) lingkungan saja, namun dari (internal) perawatan burung kenari sendiri juga diperlukan tindakan yang spesial. Teknik jemur dan pemberian makan yang bergizi juga harus dilakuakan secara kontinyu. Jangan lupa juga untuk memberikan suplemen berupa produk vitamin bagi kenari anda untuk menambah stamina kesehatannya, sehingga nantinya kenari anda akan sehat dan terhindar dari penyakit gangguan pernapasan.