Manfaat Biji Selada Untuk Pakan Kenari

Manfaat Biji Selada Untuk Pakan Kenari — masterburungkicau.com.elada yang nama lainnya adalah Lactuca Sativa L termasuk sayuran yang biasanya dijadikan salad, dan sering kali disajikan di menu restoran ataupun warung makanan lainnya, seperti: gadi-gado, lalapan, dan lain-lain. Sebenarnya selada ini termasuk jenis tanaman yang hidup di daerah yang beriklim sedang, dan di Idnonesia sendiri selada sudah sangat banyak dan mudah di jumpai di daerah-daerah tertentu.

Selain sebagai sayuran, tahukah anda bahwa biji selada ini memiliki manfaat yang bagus untuk burung kenari? biji selada ini termasuk biji-bijian yang sangat disukai oleh kenari, dan tak sedikit pula penangkar kenari yang memberikan biji selada untuk kenari piaraannya. Biji selada bisa didapatkan dengan mudah di daerah yang banyak ditanami selada, atau bila tidak ingin ribet, bisa juga ke pasar sayuran untuk memesan atau mendapatkannya.

biji selada

biji selada memiliki gizi baik untuk kenari

Ciri-ciri biji selada ini bentuknya kecil gepeng agakmemanjang dan mengerucut/meruncing, selain itu warnanya hitam agak kecoklatan. Biasanya petani yang akan menanam tanaman selada, maka biji selada inilah yang menjadi bibit untuk ditanam. Lalu apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam biji selada?

Zat yang terkandung dalam biji selada yang bermanfaat untuk burung kenari:

  • Potasium
  • Fosfor
  • Seng
  • Kobalt
  • Tembaga
  • Iodium
  • Kalsium
Zat-zat di atas dapat bermanfaat khususnya untuk menjadikan warna bulu kenari semakin jelas, terutama pada burung kenari berwarna hijau. Biji selada dapat menghijaukan warna bulu pada seluruh tubuh kenari hijau. Sehingga hal ini membuatnya nampak lebih indah dan menawan, biji selada ini sangat cocok diberikan pada kenari dari varietas warna hijau.

Biji selada ini sudah cukup lama digunakan oleh penangkar kenari berpengalaman, maka cukup aman untuk dikonsumsi kenari, asalkan tidak secara berlebihan dalam setiap porsi yang diberikan. Selain biji selada, ada biji-bijian lain yang juga mengandung zat positif yang bagus untuk kenari (baca: Manfaat telur puyuh untuk pakan burung kenari )

Perawatan terbaik memang harus dilakukan oleh penangkar kenari agar kenarinya tampil prima, dengan memberikan pakan berkualitas, maka tentu akan membuat kenari merasa lebih senang dan sehat. Tak lupa juga untuk sesekali waktu memberikan obat-obatan yang mengandung zat positif, tentu obat alami untuk kenari yang terbuat dari bahan-bahan herbal/alami tanpa efek samping.Sekian kami akhiri pembahasan kali ini mengenai manfaat biji selada untuk kenari, semoga informasi yang kami bagikan ini bisa berguna bagi sobat kenari mania.