Manfaat Tulang Sotong Untuk Love Bird LB dan Kenari

Manfaat Tulang Sotong Untuk Love Bird LB dan Kenari — masterburung kicau.com.Tulang sotong  sangat bagus untuk burung yang akan bertelor, kenapa bagus untuk burung?. Tulang sotong atau grit dipercaya mengandung kalsium yang di butuhkan oleh telor burung supaya kuat dan tidak gampang pecah.

Manfaat Tulang Sotong Untuk Love Bird LB dan Kenari

Para penggemar burung lovebird memberikan tulang sotong/ grit tidak secara utuh tetapi menyisirnya dengan pisau menjadi tepung yang lembut atau menghancurkanya seperti pasir, dan menaburkan pada dasar sangkar sewaktu burung- burung ini dalam proses dijodohkan . Biasanya burung betina akan memakan tulang sotong ini, dan sangat membantu memberikan unsur kalsium yang sangat berguna untuk pembentukan cangkang telur.

Tulang sotong atau grit akan dilarutkan oleh asam lambung dan kemudian masuk ke dalam system pencernaan di mana kalsium dan garam magnesium diserap aliran darah. Ketika burung betina akan bertelur, kalsium dikeluarkan dari aliran darah ke saluran telur sebagai pelindung telur yang masih lunak. Dianjurkan pula untuk meneruskan pemberian tulang sotong ini selama masa pengeraman karena burung betina membutuhkannya untuk melengkapi kebutuhan akan kalsium dan magnesium setelah bertelur.

Manfaat Tulang Sotong Untuk Love Bird LB dan Kenari4

Grit batu kapur (limestone) adalah sumber kalsium lain yang penting bagi burung, diberikan dalam ukuran diameter 2 – 3 mm.  Dengan memakai bebatuan ini akan menghindari adanya telur yang tidak normal. Waktu keluar dari telur untuk pertama kalinya, anak burung sangat membutuhkan kalsium, magnesium karbonat dan fosfat untuk kepentingan pembentukan tulang, bulu dan darah.

Sebagai contoh burung yang cacat kakinya atau kukunya kemungkinan besar kekurang zat ini. Sangat mengejutkan bahwa banyak pecinta burung mengesampingkan grit dalam menu makanan burung, dasar kebenaran untuk masalah ini adalah tidak maunya beberapa jenis burung mengkonsumsi grit. Bagaimanapun kenyataan secara biologis adalah burung jenis gelatik liar atau burung pemakan biji-bijian, mencari dan mengkonsumsi grit setiap harinya.

BURUNG KENARI

Manfaat Tulang Sotong Untuk Love Bird LB dan Kenari2

Burung kenari, lovebird, gelatik dan burung lainnya mempunyai sistem pencernakan yang disebut “Ampela” yang berfungsi untuk membantu meremuk biji-bijian karena mengingat burung tidak mempunyai gigi seperti layaknya manusia. Ampela menggunakan tulang sotong atau grit untuk memecah biji dibantu dengan asam lambung. Grit, dimakan oleh burung, mendiami galur-galur ampela, membantu meremukkan biji-bijian menjadi butiran yang lebih halus. Demikian kerjanya, sedang grit sendiri hancur dengan segera menjadi seperti pasir halus, atau jika mempunyai sifat larut seperti batu kapur, akan larut dalam ampela dan asam lambung, otomatis juga mensuplai kalsium untuk telur dan tulang. Bila gritnya tidak larut, seperti granit dan kwarsa, akan keluar bersama kotoran.

Baca : Menciptakan kenari bernafas panjang

Jika burung kenari, gelatik atau burung pemakan biji lainnya dioperasi, kita dapat melihat adanya grit dalam ampelanya. Percobaan membuktikan bahwa bila burung tidak diberi makan grit selama sekitar 2 minggu, kemudian kita melepaskan burung ke kandang besar yang beralaskan tanah. Burung tersebut akan segera mencari grit di tanah. Jadi kita dapat mengetahui manfaat tulang sotong atau grit bagi burung kesayangan.