Ulat Jerman Untuk Murai

Ulat Jerman Untuk Murai — masterburungkicau.com. Sebagian masyarakat Indonesia yang tidak gemar dengan kicauan burung pastinya kurang faham mengenai ulat jerman ini. Namun bagi penghobi kicauan burung pasti mengenal larva yang populer dengan istilah superworm sebagai salah satu pakan burung yang kaya akan manfaat bagi burung kicauan, khususnya burung dengan jenis murai. Ulat yang mempunyai nama ilmiah Zophobas Morio ini bahkan dapat dijadikan sebagai pakan utama untuk segala jenis hewan pemakan larva atau serangga.

masterburungkicau

masterburungkicau

Kandungan Ulat Jerman

Selain mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis ulat atau larva pakan burung lainnya ternyata kandungan gizi yang terdapat pada ulat jerman juga sangat tinggi. Terdapat kandungan manfaat protein dan zat gizi lainnya yang dapat meningkatkan stamina burung murai. Kicau burung murai akan lebih nyaring dan indah jika stamina dari burung murai tersebut berada pada kondisi normal.

Selain itu, cara penyimpanan dan penyajian pakan dari ulat jerman juga sangat mudah karena pada dasarnya ulat jerman mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat jika dibandingkan dengan manfaat ulat hongkong. Sistem kekebalan tubuh yang tinggi pada ulat jerman dapat membuat murai terhindar dari serangan virus, penyakit, bakteri, jamur maupun parasit pada pencernaannya. Berikut kandungannya gizi ulat jerman :

1. Jumlah Kandungan Protein pada Ulat Jerman : 19,06 %

2. Jumlah Kandungan Lemak pada Ulat Jerman : 14,19 %

3. Jumlah Kandungan Kalsium pada Ulat Jerman : 173 ppm

4. Jumlah Kandungan Serat Kasar pada Ulat Jerman : 2, 60 %

Keunggulan ulat jerman sebagai pakan Murai

Kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi pada ulat jerman sangat cocok untuk menjaga stamina dan kualitas suara burung Murai itu sendiri. Keunggulan lain dari ulat jerman yakni mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan ulat hongkong yang lebih dahulu populer sebagai pakan burung. Murai merupakan jenis burung kicauan yang sangat sentisif terhadap pakan yang diberikan. Untuk itu pemakaian ulat jerman sebagai pakan murai merupakan pilihan yang sesuai.

Di habitat aslinya ternyata burung murai sangat menyukai segala jenis serangga atau larva untuk dijadikan makanan. Untuk itu pemilihan ulat jerman untuk pakan murai merupakan hal yang tepat dimana kandungan gizi dan nutrisi didalamnya yang tinggi. Di pasaran marak produk pakan olahan untuk burung, namun pertimbangan pemilihan pakan alami tentunya lebih bermanfaat bagi burung ocehan.

Berikut beberapa manfaat ulat jerman untuk murai:

1. Ulat jerman tidak bersifat panas ketika dikonsumsi oleh murai sehingga tidak menyebabkan mabung pada burung

2. Burung murai akan lebih berkicau atau gacor jika mengkonsumsi pakan dari ulat jerman

3. Kandungan protein dan manfaat kalsium yang tinggi pada ulat jerman mampu menjaga stamina burung murai

4. Burung murai akan mempunyai daya tahan yang tinggi dari serangan virus, bakteri bahkan parasit jika mengkonsumsi ulat jerman

5. Pada ulat jerman tidak terdapat kandungan khitin dan exoskeleton dari tingkat kekerasan kulit ulat jerman lebih tipis sehingga sangat aman jika dijadikan pakan burung murai

Manfaat Ulat Jerman Untuk Perlombaan Burung

Ulat jerman mempunyai kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi stamina burung murai sebelum mengikuti dan setelah perlombaan. Stamina burung murai yang normal akan mempengaruhi dan menentukan kualitas suara ocehan. Menjelang perlombaan, biasanya burung murai akan diberi pakan ulat jerman dalam takaran tertentu pada pagi dan sore hari. Pada dasarnya ulat jerman memang mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga stamina, daya tahan serta kualitas ocehan burung murai. Jika dibandingkan jenis larva atau ulat lainnya tentu ulat jerman merupakan pilihan terbaik untuk dijadikan pakan burung murai. semoga bermanfaat!!