Agar Telur Burung Kenari Menetas Semua

Agar Telur Burung Kenari Menetas Semua — Nahbagi anda yang membudidayakan burung kenari, pastinya sering mengalami banyak kendala, namun jangan khawatir bagi orang  yang akan sukses di dunia maupun diakhirat pastinya anda tidak boleh menyerah karena semua ada jalannya. Jalan terbaik untuk menyelesaikan suatu masalaha dalah pengalaman dan ilmu. Banyak orang yang sukes di dalam dunia burung dengan modal ketekunan dan keuletan serta insting yang bagus, nah semua itu diperoleh tidak mudah kan, bahka banyak pengorbanan yang harus dilakukan untuk menuai suatu kesuksesan. Demikian juga halnya dengan kesusksesan memelihara dan membudidayakan burung kenari. Banyak orang memiliki tips dan trik yang telah diaplikasikan untuk membuat hasil yang lebih baik, bahkan yang diberi gelar suhu/master kenari banyak mengalami proses try and eror guna mendapatkan hasil yang memuaskan.

masterburungkicau.com

Telur burung kenari yang tidak bisa menetas secara teori dipengaruhi faktor external dan internal, Faktor external (luar) adalah faktor yang dipengaruhi oleh kondisi luar, seperti suhu, cuaca, getaran, terinfeksi virus/bakteri dari luar dan sebagainya. Sedangkan faktor internal lebih dipengaruhi oleh pengaruh dari dalam seperti hormon induk, faktor genetik, kesuburan telur, kekurangan nutrisi dalam telur, kelebihan dan kekurangan kalsium, dan sebagainya akan kita bahas nanti satu persatu.

masterburungkicau.com

masterburungkicau.com

Faktor internal yang mempengaruhi telur burung kenari tidak menetas
Fertil dan Infertil ( ada /Tidak ada sel benih )
Telur Burung kenari yang tidak menetas akan sangat mudah dideteksi pertama kali  adalah ketika telur di teropong maka tidak terlihat benih atau bibit atau sel anakan. Nah peneropongan ini juga tidak sembarangan lho ya, karena caranya adalah ada 2 kali peneropongan agar burung bisa dicek perkembanganya dan jika tidak jadi langsung bisa dieksekusi (dibuang dari kelompoknya). Peneropongan telur pertama dilakukan hari ke 5, dan peneropongan ke dua adalah 2-4 hari berikutnya dan peneropongan telur (terakhir ) adalah hari ke 11. Karena telur burung kenari dierami selama 14 hari. rumus peneropongan terakhir adalah 3 hari sebelum telur selesai masa pengeramanya, misalnya burung pleci masa pengeramanya 12 hari maka hari ke 9 adalah peneropongan terakhir untuk burung pleci.
Fungsi peneropongan pertama untuk melihat kondisi awal burung fertil(subur) atau infertil (tidak subur) jika tidak subur maka segera pindahkan, buang, atau digoreng karena telur infertil akan sia-sia saja jika tetap di erami.
Fungsi peneropongan kedua adalah  untuk mengetahui apakah embrio telor akan berkembang baik dengan terlihat denyut jatungnya, atau embrio telor mati muda, nah harus segera di buang jika telur tidak gas amoniak dalam telur mati ini bisa mencemari lingkungan baik sarang maupun mesin tempat penetasan.Fungsi peneropongan terakhir adalah untuk mengetahui apakah burung tumbuh berkembang dengan baik seperti ada terlihat organ-organ sayap, paruh, dan kaki.
Contoh gambar peneropongan Telur fertil (subur)
Agar Telor Burung Kenari Menetas Semua2
Berikut ini lima faktor dari induk yang menyebabkan telur tidak subur atau infertil :
Masalah genetik dari induk burung.
Mengalami masalah sosiaL
Mengalami masalah nutrisi.
Mengalami masalah fisik
Mengalami masalah lingkungan
Telur terinfeksi bakteri atau virus
Telur burung kenari juga bisa mengalai serangan virus amupun bakteri, nah hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal seperti:
a. Telur terkontaminasi dengan tangan saat memegang telur untuk diteropong, biasanya anda lupa menseterilkan tangan anda saat meneropong, untuk menghindari telur terinfeksi bakteri dan virus dari tangan anda sebaiknya anda mengunakan antiseptik/desinfektan yang dijual diapotek2.
b. Telur terkontaminasi dari mesin penetas yang jarang dibersihkan. Solusinya segera bersihkan alat penetas telur dengan cairan desinfektan.
c.Sarang burung yang kotor juga bisa menyebabkan telur terinfeksi bakteri dan virus, solusinya segera semprot dengan cairan desinfektan setiap minggu.
Embrio Telur Kekurangan Nutrisi 
Kekurangan nutrisi pada embrio telur jelas akan berpengaruh terhadap perkembangbiakan embrio didalam telur, bayagkan saja cadangan makanannya kurang, manamungkin telur bisa berkembang biak dengan baik, bakan bisa mati sebelum menetas. Nutrisi yang sangat penting diperlukan untuk penetasa telur adalah vitamin dan mineral ( mangan [Mg], Fe, Zn, Iyodium) sedangkan untuk vitamin hampir semua diperlukan untuk keperluan penetasan. Jangan khawatir jika anda telah memberikan Nutrisi yang baik dan cukup pada induk kenari, biasanya telur juga tidak akan kekurangan nutrisi.
Telur Burung Kenari Kelebihan dan kekurangan kalsium 
Jika kelebiha kalsium menyebabkan telur keras karena cangkangnya tebal, sehingga embrio sulit keluar dari telur, karena telur tidak bisa pecah.
Jika kekuranga kalsium maka telur kenari akan sangat rawan pecah karena cangkangnya tipis, jadi terkena goncangan sedikit saja akan pecah.
Solusinya berikan makanan yang seimbang pada induk burung kenari agar telur tidak mal kalsium atau hipercalsium.