Cara Mudah Merawat Burung Cucak Biru

Cara Mudah Merawat Burung Cucak Biru — masterburungkicau.com.Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya pada artikel Tips membedakan burung cucak biru jantan dan betina bahwa burung cucak biru juga bisa bersaing dengan burung jenis fighter yang lain asalkan dibawah perawatan yang bagus dan tlaten , burung ini sebenarnya memiliki potensi yang besar untuk disejajarkan dengan burung yang sudah tenar sebelumnya namun perlu di ingat bahwa merawat burung bukan hanya sekedar menjadikannya bersuara merdu , gacor dan rajin bunyi saja akan tetapi memelihara burung juga harus dengan perasaan dalam artian kita juga harus menyayangi burung yang kita pelihara dengan begitu kita akan ikhlas merawatnya meskipun siburung lama jadi gacor bahkan tidak ngoceh sekalipun karena burung yang kita pelihara juga membutuhkan situasi yang nyaman dan aman bagi dirinya yang sudah disita kebebasannya .

Cara Mudah Merawat Burung Cucak Biru 1

burung cucak biru

Sebagai seorang pecinta kicau burung saya juga merasa miris dengan keadaan yang sekarang terjadi , banyak burung langka gara gara penangkapan dan penjaringan liar yang besar besaran banyak terjadi sehingga bukan hanya bk urung cucak biru saja yang semakin menghilang dari habitat bahkan burung lainya pun ikut sulit ditemukan peredaranya di alam liar . yang rugi akhirnya manusia sendiri sekarang banyak sekali ulat berkeliaran masuk rumah warga karena burung yang sebagai salah satu mata rantainya banyak ditangkap sehingga tidak ada yang memakan ulat ulat ini nah kalau sudah begitu bagaimana ?

  1. pertama adalah kita harus mengenal jenis cucak biru jantan dan betinanya silahkan baca disini
  2. mandikan burung jam 7 pagi dengan semprot spray atau dikeramba dengan tetap memantau kondisi musim yang terjadi alias kondisional . jika rada mendung mending tidak dimandikan namun jika dalam keadaan terang benderang alias normal maka burung cucak biru siap untuk dimandikan karena burung ini juga sering mandi di habitat alam bebasnya.
  3. sebelum dijemur bersihkan kandang dan cek ketersediaan pakan minumnya atau ganti dengan yang baru , untuk minumnya berilah air yang sudah masak atau air mineral . kemudian jemur sekitar 1 jam-an lalu angin anginkan ditempat teduh ( paling baik dibawah pohon sehingga suasana naturalnya dapat)
  4. berilah pakan yang bagus berupa pisang kepok putih , apel merah atau jeruk untuk EF 3 ekor jangkrik dan jika ada 1 ekor ulat jerman jika tidak ada cukup ulat hongkong 1 sendok dan kroto 1 sdt
  5. pada sore hari jika memungkinkan mandikan lagi burung cucak biru anda pada jam 4 sore kemudian berikan 3 ekor jangkrik dan ulat jerman 1 (jika tidak ada UH 3 ekor)
  6. kemudian jam 18.00 masukkan burung dan krodong sangkar
  7. lakukan pemasteran bisa menyandingkan burung dengan yang sudah gacor atau memakai MP3 sampai esok harinya.
Cara Mudah Merawat Burung Cucak Biru 2

cucak biru

Demikian Cara merawat burung cucak biru agar gacor dan rajin bunyi semoga bermanfaat Baca artikel mengenai Ciri cucak ijo banyuwangi asli .selamat mencoba 🙂