Ciri burung pleci yang akan mengalami fase mabung

Ciri burung pleci yang akan mengalami fase mabung — Artikel ini menjelasakan beberpa step dalam proses mabung burung pleci yang banyak menjadi kendala utama para Pleman saat pleci mengalami proses mabung. Mabung atau istilah sederhananya adalah proses pergantian bulu pada burung . Proses mabung sering kali membuat stress para pecinta burung pleci mania , terutama saat terjadinya fase mabung sudah mendekati perlombaan kicau burung pleci. Bisa-bisa pleci yang akan dilombakan gagal untuk mengikitu perlombaan tersebut , karena biasanya burung yang saat mabung cenderung diam dan tidak mau mengeluarkan seuaranya.

Ciri burung pleci yang akan mengalami fase mabung

Ciri burung pleci yang akan mengalami fase mabung

Oleh karena itu sebaiknya kenalilah terlebih dahulu ciri-ciri burung pleci yang akan mengalami fase mabung. Dan proses mabung itu sendiri paling lama sekitar 1.5 bulan,  lebih dari itu burung anda mengalami masalah dalam perawatanya.

Ciri Pleci Mabung

– Kondisi burung sering merasa dehidrasi akibatnya burung akan menjadi banyak minum

– kondisi burung cenderung malas  untuk  berkicau

– Banyaknya bulu yang rontok baik itu bulu halus atau bulu besar

– Kondisi  mental burung cenderung down dan lebih banyak takut dengan suara burung lain

– Kondisi burung lebih banyak diam seperti orang demam

– Kondiri burung menjadi malas mandi

Fase Mabung Pada Burung Pleci

1. Fase moulting yaitu penggantian bulu trotol menjai bulu biasa
2. Fase Mabung yaitu siklus penggantian bulu setelah moulting

Mabung diperlukan supanya style dan fisik burung pleci lebih kelihatan gagah dan juga sangat berpengaruh  ketangguhan pleci baik fisik maupun suara yang dikeluarkan.

Dan jika proses mabung itu sendiri sudah berjalan dengan lancar biasanya burung lebih agresif dan mental burung lebih bagus dibandingkan sebelumnya, karena ada yang bilang proses mabung menandakan proses bertambahnya usia burung yang semakin matang.

Dan untuk merawat burung pleci yang mengalami  mabung, supanya cepat selesai adalah mutlak sangat diperlukan , semakin cepat proses mabung akan semakin bagus pula.

Untuk merawat pleci mabung sebenarnya sangat mudah dan praktis. Hal  yang terpenting adalah kebutuhan nutrisinya tercukupi selama mabung.

Perawatan Pleci Yang Mabung

Perawatan Secara Umum

1. Pemberian pakan

Untuk pemberian pakan pleci yang sedang mabung sebaiknya berikan voer yang berkualitas.Usahakan anda mengganti voer setiap hari agar kualitas voer tetap terjaga. Dan sebaiknya jangan memberikan voer terlalu banyak. Berikan sedikit demi sedikit supanya habis untuk sehari,  dan anda wajib mengganti dengan voer yang baru setiap hari.

Berikan pakan tambahan

Khusus untuk burung pleci yang mabung membutuhkan nutrisi yang lebih, sehingga pakan tambahan cocok untuk nutrisinya. Berikan ulat kandang dan buah-buahan. Berikan ulat kandang 2 kali lipat dari takran biasanya

2. Perawatan penjemuran dan pemandian

untuk perawatan yang satu ini sebaiknya untuk dihentikan dulu, baru setelah selesai mabung bisa di kembalikan seperti sediakala.

3. Memperhatikan lingkungan

Perawatan yang lain, yang juga bisa memperngaruhi proses mabung pleci adalah lingkungan. Dalam keadaan mabung pastikan lingkungan nyaman, aman, dan tenang. Kalo perlu untuk sementara waktu pleci di isolasi dulu ke UGD biar tambah perhatian lebih. Dan yang harus diperhatikan selalu di slimuti atau krodong biar hangat.

4. Pemasteran atau Mastering

Saat pleci mabung, anda bisa memaster pleci. Karena saat pleci mabung, ia akan lebih banyak diam. Dan saat inilah waktu yang tepat untuk memaster pleci anda. Pastikan suara masteran sesuai dengan karakter suara burung pleci. Jika anda memaster dengan tepat maka pleci akan memiliki banyak variasi kicauan.
Perawatan mabung secara Khusus

Perawatan Khusus Mabung

Fase  merontokkan bulu

Pada fase merontokan burung usahakn burung tidak di mandikan, usahakan berikan full krodong . Berikan voer   ayam 511, karena voer ini dipercaya mampu membantu proses perontokan bulu pada burung.
Berikan ramuan voer ayang sudah di campur dengan kuning telur bebek, proses ini mampu mempercepat proses perontokan. Berikan dengan takaranya jangan berlebihan jika berlebihan bisa fatal
Jika perlu dimandikan mandikan burung pleci dengan air shampo dengan air yang hangat , dan berikan extra fooding yang bersifat panas supanya mempercepat perontokan bulu.

Burung  mengalami  mabung paksa

Proses mabung paksa adalah cara  yg biasa dipakai para pemilik burung pleci  apabila terjadi masalah pada bulu burung karena ( kutu, parasit atau jamur ). Atau bisa juga pada burung yg bulunya banyak patah  sebab proses penjinakan

Cara yang bisa dipakai sebagai berikut

Semprot  burung dengan air shampoo clear atau  sampo burung , dan ada juga yang berpendapat menyemprot burung dengan sabun sunligt atau  rinso ( hati-hati proses sedikit ekstrim).
Kemudian  lalu krodong full burung, dan jemur dalam fase ini burung bisa stress dan bulu burung bisa cepet rontok. Masalah stress bisa diatasi nanti yang penting burung bisa terlihat mulus nantinya.
Perlu untuk diperhatikan jika pada krodong atau sangkar banyak terdapat jamur atau prasit atau kutu maka segera renam krodong  dan bersihkan kandang.

Proses penumbuhan bulu

Pada fase ini burung sudah bisa dimandikan dengan air biasa pengkrodong kurang berpengaruh pada masa ini burung sudah bisa dimasteri jemur burung 15 menit perhari serta tinggkatkan penjemura pada hari hari berikutnya pemberian Extra Fooding bisa diperbanyak krna pada masa ini burung memerluka nutrisi & protein yg lebih vitamin & kalsium atwpun mineral sangat membantu burung untuk memulihkan setamina serta rekondisi kesehatan burung setelah masa perontokan

Masa pemulihan & rekondisi stamina & mental burung

masa ini biasanya berlangsung selama 3 bulan setelah burung mengalami masa kelar mabung, yang dimaksud maksud masa kelar mabung ada dimana bulu burung sudah tumbuh semua pada masa ini burung sudah bisa diprogram dengan rawatan yg sudah ada ketika burung sebelum mabung biasanya pada masa ini burung menjadi gemuk akibat pemberian EF yg berlebihan ketika burung mengalami masa mabung perawatan yg dilakukan pada masa ini ialah

1. mengembalikan burung pada pola perawatan sebelum mabung
2. memberi pelatihan serta treadment dng cara mengumbar burung
3. selama masa ini (3bln) burung jng diadu atw ditrek
4. berikan suplemen atw vitamin sebagai sarana penunjang untuk memulihkan stamina, kesehatan, kerajinan bunyi & mental burung vitamin yg raja nganggur gunakan disini adalah Vita Orange karma Vita Orange bisa memulihkan serta merekondisi stamina, kesehatan & mental serta kerajinan burung dalam berkicau

Extra Fooding saat mabung

Banyak terjadi perselisihan tentang perlu tidaknya EF pada saat burung sedang mabung Berikut sedikit ulasannya

1. bagi burung yg sudah dipelihara dari trotol atw lama lebih baik diberikan EF guna menunjang keberhasilan mabung

2. bagi burung yg masih giras atw MH yg sedang dalam proses penjinakan lebih baik tidak diberikan EF agar proses penjinakan berhasil, masalah mabung akan berhasil dng sendirinya

Penggangu Proses Mabung

1. Penyakit – Penyakit yang disebabkan virus circovirus (Beak and Feather Disease) dan virus polyoma adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu. Psittacosis kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.

2. Gizi buruk – Sebagaimana digambarkan di atas, persyaratan untuk berlangsungnya produksi bulu secara normal memang sangat banyak, dan karenanya makanan yang kurang gizi bisa

3. menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas (mudah patah, mudah kusam, melintir/ keriting dan sebagainya).

4. Kimiawi – penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan merusak bulu. Salah satu contohnya adalah zat pembasmi cacing pada merpati yang dikenal sebagai Mebendazole. Bahan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melintir jika diberikan semasa burung mabung.

5. Stres – Hal ini terjadi terutama untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu baru tidak bisa berkembang sempurna dan sebagainya.

Ciri mabung di luar waktunya

Sebelum mabung di luar waktunya, ada beberapa tanda atau perilaku yang bisa kita kenali. Dengan demikian, kita bisa segera menyiapkan perawatannya. Berikut ini beberapa perilaku di mana pleci bakal mabung di luar waktunya :

  1. Pleci sering mengembangkan bulu-bulunya.
  2. Pleci terlihat lebih gemuk, sehingga penampilan / bentuknya agak berbeda.
  3. Adanya bulu-bulu halus yang mulai berjatuhan.
  4. Tumbuh rambut-rambut putih (seperti uban), biasanya muncul pada daerah sekitar leher dan di bagian atas kepalanya.

Apabila tanda-tanda di atas mulai terlihat, maka Anda perlu mempersiapkan beberapa hal terakit dengan perawatan burung mabung, terutama extra fooding, buah-buahan, vitamin, dan air bersih.

Perawatan pleci mabung di luar waktunya

Berikut ini beberapa perawatan khusus yang bisa dilakukan agar pleci bisa menjalani mabungnya dengan nyaman, meski itu terjadi di luar siklus mabung yang normal:

1. Berikan buah-buahan manis yang segar seperti pepaya, semangka, juga sayuran seperti oyong. Perbanyak pemberian buah pepaya, karena buah pepaya sangat mudah dicerna sehingga melancarkan proses metabolisme tubuh burung. Disamping itu buah Pepaya banyak mengandung banyak vitamin C yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung.

2. Selalu cek ketersediaan air bersih sebagai air minumnya.

3. Sangkar dikerodong separo secara bertahap, dan setiap 4-5 hari kain kerodong diangkat sedikit demi sedikit, sehingga akan terbuka semua begitu masa mabungnya rampung.

4. Pleci tetap dimandikan, karena akan membantunya melewati masa mabung dengan lancar, bahkan bisa membantu melancarkan proses peluruhan bulu serta membantu mempecepat tumbuhnya bulu-bulu baru. Memandikan pleci menggunakan air beras juga bisa membantu proses mabungnya, sehingga bulu baru akan tumbuh lebih indah dan sehat.  Biarkan burung apabila mandi sesuai keinginannya dan jemur maksimal 15 menit/hari.

5. Selama masa mabung, pleci perlu mendapat asupan multivitamin seperti BirdVit agar kondisinya tidak terlalu drop.

6. Bisa juga menggunakan paket BirdMolt-Pre (BM-Pre) dan BirdMolt-Post (BM-Post), yang bukan sekadar mengandung aneka vitamin, tapi juga aneka mineral dan zat lain untuk membantu merontokkan  bulu (BM-Pre) dan mempercepat tumbuhnya bulu baru secara normal dan sehat (BM-Post).

7. Tetap berikan nektar buatan, baik menggunakan gula merah, gula putih, atau madu.

8. Serangga seperti ulat hongkong berwarna putih, atau ulat kandang, bisa diberikan sebagaimana hari-hari sebelum mabung. Demikian pula dengan kroto dan jangkrik.

9. Usahakan burung dijauhkan dari suasana bising atau sering dilalui orang. Sebaiknaya dikrodong

10. Hindari mempertemukan burung dengan burung sejenis, karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu. Dampak dari ini adalah ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.

11. Lakukan proses pemasteran, karena masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.

Intinya selalu perhatikan fase burung saat mengalami mabung sebab proses ini dapat berakibat fatal. Selalu tlaten dalam merawat burung pleci anda. Karena fase mabung ini akan sering atau pasti dialamai oleh semua burung untuk menganti bulu-bulunya agar nampak lebih indah dan kondisiinya makin sehat