Coba Jahe Kunyit Dan Kencur Untuk Kenari

Coba Jahe Kunyit Dan Kencur Untuk Kenari — Ada beberapa cara yang pastinya digunakan para kicau mania untuk membuat burung kicau kesayangan mereka tetap sehat dan gacor. Dengan cara alami maupun doping dari pabrikan yang bisa di eroleh dari bebepapa toko online yang siap mengirim seluruh produknya ke penjuru nusatara. Nah berbicara yang alali ini dia kami berikan beberap tips seputar perawatan burung kicau secara alami namun mendapatkan hasil Maksimal

Jahe

Zingiber officinale

Zingiber officinale

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunanizingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Kunyit

Curcuma longa

Curcuma longa

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempahdan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia,Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa Banjar kunyit atau kunir ini dinamakan “Janar”.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda),konyet (Madura).

Kencur

Kaempferia galanga

Kaempferia galanga

Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary(temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti. Terdapat pula kerabat dekat kencur yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat, temu rapet (K. rotunda Jacq.), namun mudah dibedakan dari daunnya.

Manfaat Jahe Kunyit dan Kencur untuk Kenari

stock-photo-15221056-canary

Kami memberikan sedikit info atau tips mengenai menjaga stamina kicauan burung kenari melalui pakan racikan yang dibuat. Sebab dengan masukan pakan yang kurang bagus pada burung kenari kita maka burung kenari kita pun tidak akan maksimal juga saat berkicau, sebaliknya apabila kita mampu menyajikan pakan yang baik untuk di konsumsi burung kenari kita, maka hasilnya pun burung kenari kita bisa berbuat sesuatu dalam menampilkan kicauannya dan mampuh secara konsisten menjaga staminanya.

Cara Memberikan Doping Alami Pada Burung Kicau

1. Siapkan bahan-bahan yang di butuhkan seperti 1 siung jahe dan juga siapkan 1 siung kunyit, kedua bahan tersebut parut hingga halus, dalam memarut bisa menggunakan yang manual atau pun bisa juga dengan blander

2. Setelah jahe dan kunyit beres di haluskan tahapan selanjutnya adalah kita siapkan air kurang lebih 1 atau 2 gelas air mineral panaskan dan masukan jahe sama kunyit yang telah halus tadi ke dalam air yang mendidih tersebut, tunggu hingga kurang lebih 10 sampai 15 menit

3. Setelah mendidih dan kita rasa sudah cukup untuk mengaduk kedua bahan tersebut sehingga khasiatnya akan keluar maka tahap selanjutnya titiskan air tersebut, dan coba pindahkan ke tempat (panci) yang lebih besar apabila panci sebelumnya kecil.

4. Apabila air sudah dingin kembali, maka tahap selanjutnya masukan pakan kenari yang biasa (diusahakan yang sudah bersih) atau pakan kenari kiloan (diusahakan yang sudah bersih), kedalam air yang sudah di campur jahe dan kunyit tersebut. Untuk 1 siung jahe dan 1 siung kunyit (yang tadi dibuat) bisa di camurkan dengan 1 kilo pakan kenari.

5. Setelah tercampur aduk perlahan-lahan (jangan sampai merusak setruktur pakan kenari tersebut) dikira sudah teraduk dan tercampur merata diamkan dahulu sejenak supaya khasiat dari jahe dan kunyit meresap sempurna ke pakan kenari, lamanya meresap kurang lebih 5-15 menit, jangan terlalu lama juga karena bisa merusak struktur dari pakan kenari tersebut

Baca artikel Terkait Doping Pleci Dengan Daun Mengkudu

6. Tahap selanjutnya angkat atau saring lalu keringkan pakan kenari tersebut, proses pengeringan bisa langsung di jemur matahari sampai benar-benar kering, atau apabila setelah dijemur masih terasa basah maka kita lakukan penggarangan caranya dengan di garang di katel tapi tanpa menggunakan minyak goreng, serta menggunakan api yang paling kecil. Pada saat penggarangan kita harus terus mengaduknya jangan sampai hanya kering sebagian malahan sampai gosong ini dilakukan tidak boleh lama dan hanya kita rasa pakan tersebut telah kering sempurna.

7. Sajikan racikan pakan tersebut pada kenari kita, maka akan terlihat peninggkatan stamina kicauan burung kenari kita konsisten dalam segala medan.

Nah selamat mencoba pakan dan doping alami untuk burung kicau, semoga artikelnya bermanfaat ya gan. Salam!!