Faktor Telur Kenari Gagal Menetas

Faktor telur kenari gagal menetas  — Mungkin diantara pembaca yang budiman adalah peternak kenari baik yang sudah senior maupun pemula yang ingin mengetahui penyebab gagalnya telur kenari untuk bisa menetas apalagi sampai beberapa pasang kenari yang telurnya tidak bisa menetas setelah sekian lama menanti dan mengharapkannya untuk menetas tentu hal ini membuat kita pusing , bingung bahkan stres serta bertanya tanya bagaimana hal ini bisa terjadi,?? apa penyebabnya ? dan bagaimana Solusinya.

Faktor Telur Kenari Gagal Menetas1

Faktor telur kenari gagal menetas dan solusinya. pada artikel kali ini saya tidak akan membahas hanya pada faktor penyebab telur tidak bisa menetas saja melainkan saya juga akan membahas beberapa solusi untuk menangani masalah ini. namun mungkin artikel ini sudah pernah anda temukan ditempat lain atau ada yang kurang , dari sini saya sarankan anda untuk kemudian mencari referensi yang lebih lengkap ,atau mungkin bertanya langsung pada masternya, namun karena saya ingin berbagi tidak ada salahnya saya share artikel saya tentang 3 Faktor telur kenari gagal menetas dan solusinya ini marilah kita menuju pokok pembahasannya, faktor pemicu gagalnya telur kenari menetas bisa di cek dari faktor ini :

Faktor Telur Kenari Gagal Menetas

  • Betina = untuk faktor dari betina ini terjadi karena beberapa hal diantaranya : (a.) sel telur (ovum) dari betina belum masak sehingga meskipun dibuahi namun terlalu awal biasanya ini terjadi pada betina muda atau yang sudah afkir atau terlalu tua (melampaui masa produktif) (b).sel sperma tidak sampai pada ovum dikarenakan beberapa hal sehingga tidak sampai pada ovum. (c.) betina dalam masa ngurak (rontok bulu) pada saat masa kawin (d.) betina mengalami stress sehingga tidak mau mengerami telur cenderung merusak sarang bahkan memakan telur sendiri (e.) tidak terjadi perkawinan yang normal dan berkualitas (f.) dan yang terakhir adalah betina mandul.
  • Pejantan = beberapa faktor dalam diri pejantan diantarannya : (a.) sama halnya dengan betina sel sperma tidak cukup umur untuk membuahi , dan juga tidak sampai pada ovum (b.) pejantan dalam kondisi ngurak dan tidak terjadi perkawainan yang berkualitas (c.) seperti betina burung pejantan juga rentan stres dan terkadang memakan telur betina (d.) yang fatal adalah pejantan juga mengalami kemandulan.
  • telur terlalu tebal kulitnya
  • telur terlalu tipis kulitnya sehingga rentan kemasukan udara saat terjadi kontak dengan induk burung atau sarangnya bisa juga pecah
  • telur tidak normal , terlalu kecil atau tidak terdapat kuning telurnya (seperti telur tembean)
  • telur terkena penyakit

Faktor Lingkungan Sekitar

  • Lingkungan terlalu ramai dan bising yang bisa mengakibatkan burung stres dan tidak bisa nyaman dalam mengerami telur
  • berlangsungnya cuaca yang ekstrim bisa terlalu panas atau terlalu dingin
  • kandang / sarang tidak bersih sehingga rentan terserang penyakit
  • dan yang paling harus diantisipasi adalah kedatangan tamu tak diundang bisa berupa hewan predator seperti ular, kadal , kucing, tikus bahkan semut dll

Dari ketiga Faktor tersebut diatas artikel 3 Faktor telur kenari gagal menetas dan solusinya ini juga akan memberikan panduannya untuk memecahkan masalah gagalnya telur kenari yang menetas solusinya yaitu :

  1. Pastikan kedua burung baik pejantan maupun betina sudah masak dan siap melakukan perkawinan (tidak terlalu muda atau over )
  2. pastikan kedua burung baik pejantan maupun betina yang dikawinkan tidak mengalami masa rontok bulu (ngurak)
  3. Pastikan kebutuhan burung baik pejantan maupun betina sudah terpenuhi baik dari segi makanan maupun fertilitas keduanya
  4. pastikan kondisi lingkungan aman dan nyaman sehingga kedua burung baik pejantan maupun betina dapat melakukan proses perkawinan sampai pada penetasan berjalan dengan baik dan lancar .

Demikian artikel Faktor telur kenari gagal menetas dan solusinya semoga bermanfaat dan silahkan mencoba :)Baca mengenai : Faktor Penyebab Kenari Mabung Lama