Kenari : Perawatan, Vitamin, Doping, Gacor, Para Master

Cara Cara merawat Burung Kenari Para Master — Saat anda membeli burung kenari yang belum ngoceh biasanya yang beli dari kampung atau ombyokan, atau juga saat kenari masih muda tentunya ada beberapa tips untuk setelan harian agar burung bisa di management untuk menjadi gacor. Sekolah burung kenari ini bisa anda lakukan setiap harinya agar bisa menghasilkan kenari yang gacor dan juara. Keberhasilan ditentukan oleh ketekunan dan keluletan masing-masing pribadi dalam merawat burung kenari ini.

burung kenari

Management perawatan harian untuk burung kenari ala master
Pukul 07.00 => burung diangin-anginkan di luar ruangan
Pukul 07.30 => Burung dimandikan bisa mengunakan karamba mandi atau semprot saja (bisa diumbar dalam kandang umbaran)
Pukul 08.00 => Membersihkan kandang  burung, tempat makan, tempat minum, dan lainnya
Pukul 08.30 => menyiapkan makan, minuman air mineral, extrafood dan sebaginya lalu jemur burung kenari ada bisa 1-2 jam terantung sinar matahari bisa sampi jam 10- jam 11. Saat menjemur usahakan burung tidak melihat burung kenari sejenis.
Pukul 10.30 => angin-anginkan burung diteras setelah 10 menit lalu sangkar dikrodong
Pukul 10.45=> Burung bisa dimasterkan dengan memperdengarkan suara mp3 yang bervariasi agar banyak masukannya hal ini bisa dilakukan hingga jam 15.00
Pukul 15.30 => angin-anginkan burung agar segar suasannnya, bila perlu mandikan burung bila dirasa tidak jangan mandian. kontrol saja pakan, Air minum, sayur buah.
Pukul 18.00 => krodong burng saat malam hari, bisa diperdengarkan suara masteran selama istri rahat sampai pagi.

Lakukan management haria burung kacer ini setiap hari agar burung ada gacor
Xtrafood burung kenari PENTING!!

=>Kroto segar diberikan 1 sendok teh bisa 2x seminggu.
=>Telur Puyuh bisa diberikan 2x seminggu.
=>Variasi saat memberi sayuran segar & buah-buahan adalah kunci keberhasilan.
=>Asinan harus selalu tersedia didalam sangkar.
=>Pengumbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu dikandang umbaran.
=> Berikan Vitamin dan Mineral yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.Penanganan Jikalau burung Kenari Kondisinya Drop**buah apel bisa diberikan 4 hari berturut-turut
*campuran lin seed, niger seed serta biji fumayin diperbanyak pada pakan bijiannya.
*porsi kroto meningkat menjadi 3x seminggu
*untuk mandi bisa 2 kali sehari saja
*Burung diisolasi, hindarkan dari memandang, mendengar burung kenari lain dahulu
*Lamanya penjemuran ditambah jadi 2-3 jam/hari

 SUARA MASTER YANG BAIK UNTUK BURUNG KENARI
Memilih suara-suara master untuk burung Kenari janganlah terfokus hanya memilih suara-suara master yang kedengarannya unik dan bagus namun iramanya yang penting.Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan;
1. Kesesuaian irama lagu dan frekuensi antara suara master dengan burung andalan kita. Ketidaksesuaian suara master dengan burung akan menyebabkan lagu yang fals dan tidak enak didengar.
2. Mengikuti Trend Lagu yang ada. Misalnya tonjolan dan tembakan yang sedang digandrungi pada saat ini adalah tonjolan dengan speed rapat divariasikan dengan irama lagu yang ngeroll.
3. Variasi irama lagu yang mewah. Yang dimaksud irama lagu yang mewah disini bukanlah suara tonjolan yang keras, tetapi kita harus bisa memilih suara-suara master yang memiliki variasi speed yang selaras dan irama lagu yang memiliki cengkok dan mengalun.Sangat banyak metode dan cara-cara yang dapat dilakukan di dalam proses pemasteran burung berkicau. Dan juga banyak sekali berkembang mitos-mitos yang keliru dalam prakteknya dilapangan.Salah satu mitos aneh yang berkembang, yaitu burung yang akan di master harus melihat burung masternya, agar burung yang di master dapat menirukan gaya bunyi dan cara membuka mulut burung master tersebut. Mitos lainnya yaitu proses pemasteran burung berkicau harus menunggu burung dalam keadaan ganti bulu atau mabung.

Sebenarnya; Pemasteran dapat kita lakukan tidak harus menunggu burung berkicau dalam keadaan mabung atau berganti bulu. Burung berkicau dalam keadaan normal, bahkan dalam keadaan top form pun juga dapat dilakukan pemasteran.

Ada Mitos yang mengatakan pemasteran burung harus menunggu masa burung mabung. Alasannya karena; Pada saat mabung, burung berkicau cenderung untuk banyak diam dan sangat jarang sekali berkicau. Burung yang banyak diam pada masa mabung tersebut, cenderung untuk lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyimak dan mengolah suara-suara yang ada disekelilingnya. Apabila suara yang didengarnya sesuai dengan tipikal karakter suaranya, maka akan direkam dan ditirukan.keberhasilan saat memaster burung Kenari ialah memaster burung dengan suara-suara master (burung master) yang sesuai dengan karakter dasar lagu burung yang akan di master (burung maskot).jangan lupa untuk selalu memperdengarkan suara-suara master tersebut secara berkala (Feedback) diputar ulang lagunya kepada burung Kenari tersebut. Supaya irama lagu yang sudah ada tidak hilang dan menjadi rusak.

7  Tips Merawat burung kenari jadi ngeroll dan Gacor rahasia master
1. Hindarilah kontak langsung dengan angin
Biasakan saat proses mengantung burung kenari (dalam sangkar) jangan terkena angin secara kontak langsung baik di dalam maupun di luar ruangan. hindari tempat-tempat dekat atau depan jendela, kipas angin, /pendingin ruangan. Alasan utama adalah Burung kenari rentan terkena penyakit jika terkena kontak angin secara langsung.

2. Hindari kontak sinar terik matahari langsung
Menjemur burung adalah perkara wajib bagi setiap burung, namun waktu yang tepat setiap burung biasaya berbeda. Nah khusus untuk kenari ini cocok untuk menjemur waktu pagi, dan sore hari saat mata hari aka tenggelam. Bisa juga siang hari tapi harus melihat langsung alias dalam keadaa terjaga selalu dicek kondisinya bila sudah kepanasan terengah2 boleh dipindahkan ke tempat sejuk. Kematian kenari akibat Heat stroke sering terjadi saat burung kepanasan.

3. Stok air bersih dan sehat (air mineral)
perhatian khusus memang perlu diperhatikan karena burung ini umumnya punya metabolisme tinggi dan tidak bisa bertahan tanpa air > 24 jam. ini penting karena wajib anda beri air bersih tiap harinya, usahakan jangan memberi air kaporit langsung dari ladeng. bagus juga memberi air mineral lebih sehat dan higienis

4. Makanan dan extrafood
A. Stok pakan bijian
Burung kenari suka biji2an karena bentuk paruhnya disesain untuk memakan biji-bijian,sehingga stok ketersediaanya wajib diperhatikan tiap hari. Kombinasi makanan yang sering digunakan master adalah  canary seed, millet Serta niger seed.

B. Pemberian Extrafood
Demi menjaga keseimbangan nutrisi dan variasi menu, sesekali burung kenari juga perlu mendapat extrafood. Misalnya telur yang kaya akan protein, untuk pertumbuhan dan reproduksi. sayuran hijau spt selada, wortel, brokoli dan juga bisa buah-buahan (misalnya apel).

C. Pemberian mulivitamin dan suplemen
Kegunaan Multivitamin dan suplemen sebenarnya untuk memberika tambahan vitamin yang tidak bisa dipenuhi oleh kandungan makanan yang setiap hari dikonsumsi burung. biasanya untuk kebutuhan vitamin ayam / itik dikenal produk-produk seperti premix, maka kecukupan vitamin untuk burung dapat diperoleh melalui, misalnya, BirdVit. Masalah vitamin berbeda dengan energi metabolisme, protein, lemak, atau serat kasar, yang dapat diprediksi dari formula ransum yang diberikan berdasarkan jenis-jenis pakan yang diberikan, seperti canary seed, millet, niger seed, selada, wortel, hingga apel. Namun untuk vitamin memang sulit dihitung sehingga perlu tambahan vitamin.
Uniknya vitamin adalah kalau kekurangan burung akan mengalami  gangguan kesehatan akibat kekurangan jenis vitamin tertentu. Misalnya, ketika burung memperoleh asupan vitamin B, dan D, tetapi tidak memperoleh kecukupan vitamin A dan C, biasanya burung akan menunjukan gejala klinis sesuai dengan gangguan tersebut (misalnya penglihatan terganggu dan kondisi tubuh selalu loyo). Kalau kelebihan tidak masalah karena langsung dibuang lewat feces. jadi gunakanlah multivitamin agar burung anda tidak gampang sakit

5. Pemberian mineral yang cukup
mineral sama seperti vitamin, sama-sama diperlukan tubuh burung, mineral terdiri atas puluhan jenis, mulai dari zat besi (ferum), seng (zincum), kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan sebagainya. Akibatnya sama pula seperti vitamin jika  kekurangan salah satu jenis mineral, biasanya burung mengalami defisiensi mineral sesuai dengan jenisnya. Mineral memang mutlak dibutuhkan burung, meski jauh lebih sedikit jumlahnya daripada nutrisi. Nah sebagian kicaugacor mania menggunakan tulang sotong sebagai asupan mineral. Namun tulang sotong memiliki kekurangan karena kadar NaCl(garam)nya terlalu tinggi sehingga dapat menyebabkan ganguan pembuluh darah pada burung. Nah saat ini banyak yang sudah beralih keBirdMineral yang memiliki kandungan multimineral lengkap. Piliha anda ditangan anda

6. Kebersihan kandang
Syarat penting yang tidak bisa dilupakan adalah kebersihan kandang, dengan mebersihkan kotoran burung tiap hari. ingat juga untuk kebersihan dari wadah pakan dan air minum juga harus rutin dibersihkan. Selain itu Tenggeran burung dibersihkan juga dari kotoran (feces) dan sisa pakan.

7. Gunting kuku burung
burung kenari yang sudah menginjak usia 1 tahun, biasanya kuku-kukunya sudah mulai tumbuh panjang. Bagi yang ingin menjadi penangkar, sebaiknya sebelum dijodohkan, sebisanya agar kuku kenari jantan yang sudah panjang dipotong terlebih dulu. Jika kuku masih panjang bisa menyakiti sibetina saat keduanya berreproduksi