Langkah Berhasil Penjodohan Murai

Langkah Berhasil Penjodohan Murai — Masterburungkicau.com. Proses perjodohan burung murai batu menjadi sangat penting jika menginginkan keturunan degan hasil maksimal. Meskipun banyak yang berasumsi menjodohkan murai batu sulit namun tidak ada salahnya mencoba beberap tips berikut.

murai batu3

Penjodohan Murai Batu

1. agar proses penjodohan lebih mudah,siapkan betina lebih dari 1 ekor,dekatkan dengan pejantan yg telah diseleksi,baik dari kualitas suara,katuranggan maupun prestasinya.bila sudah ada yg tampak rajin bunyi,ngeleper-ngeleper sayapnya sambil ngeriwik,itu pertanda si betina sudah birahi,pilih betina tersebut,dekatkan dengan pejantan ditempat terpisah selama kurang lebih 3 hari.
2. masukan kedalam sangkar bersekat,atau biasanya disebut kandang jodoh,atau bila ngk ada sangkar bersekat boleh juga mengunakan sangkar biasa yg diletakan berhimpitan.
3. lakukan pengamatan secara rutin,harus dilakukan pengamatan secara rutin,untuk memastikan jodoh tidaknya indukan pilihan tersebut.bila sudah terlihat akrab,yakni sering terlihat berhimpitan meski masih dibatasi sekat,baru masukan ke kandang penagkaran.

images (1)
4. amati perilaku indukan,amati terus apakah si pejantan sudah benar-benar mau menerima pasangannya.tanda-tanda penjodohan yg sukses,apabila sepasang indukan sering berduaan,sering kejar-kejaran,tapi bukan saling serang.sebaliknya bila sang jantan mengejar dan menghajar betina,maka segera pisahkan kembali pasangan tersebut,karna bila dibiarkan bisa berakubat fatal…yakni…. kematian pada sang betina…
5. lakukan penjodohan alternatif,ulangi kembali penjodohan dari tahap pertama selama 1 minggu,kemudian masukan betina kedalam sangkar kecil dan masukan kedalam kandang besar,sementara itu biarkan sang pejantan bebas didalam kandang penangkaran dan merasa lebih berkuasa,langkah ini juga bertujuan mengurangi birahi pejantan.
6. ganti pasangan bila tidak mau jodoh,ini merupakan alternatif terakhir dan mutlak dilakukan,yakni bila pasangan tersebut tetap tidak bisa jodoh,ganti betina dengan betina baru.lakukan langkah2 penjodohan mulai dari awal sambil diamati perkembangannya.

Tapi,sebelum melakukan semua langkah penjodohan di atas,siapkan kandang penagkaran dan perlengkapanya terlebih dahulu,antara lain tempat mandi,tempat makan,kotak sarang,tenggeran dan lainnya.