Manfaat Mentimun Untuk Love bird

Manfaat Mentimun Untuk Love Bird — Salah satu buah yang cukup familiar di masyarakat inidonesia adalah mentimun. Ada beberapa daerah menyebutunya dengan ketimun. dalam istilah biologi sendiri mentimun dapat di kategorikan kedalam definisi sebagai berikut

mentimun untuk lb

Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L

Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan aircukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Artikel Sebelumnya ” Manfaaat Apel Untuk Pakan Kenari “

Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci).Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.

Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadihijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buahyang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam./suber wikipedia indonesia.

lovebirds

Love bird

Fungsi pencernaan
Masalah pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak, dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga memingkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengonsumsi mentimun setiap hari dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit.

Kesehatan sendi
Dalam mentimun terkandung silika yang dapat mempromosikan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat.

Pencernaan protein
Mentimun mengandung enzim erepsin yang membantu dalam pencernaan protein.

Tekanan darah
Potasium, magnesium, dan serat yang hadir pada mentimun dapat membantu menjaga
tekanan darah tetap normal.

Membunuh cacing pita
Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan, biji mentimun juga dikenal bermanfaat sebagai antiinflamasi serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan.

Perawatan kuku
Mentimun kaya akan kandungan silika, dapat mencegah pecah dan rusaknya kuku-kuku di jari kaki dan tangan.

Kandungan Nutrisi Timun:

Dalam setiap 100 gram timun mengandung:

Gula – 1,67 gm,

Karbohidrat – 3,63 gm,

Serat Diet – 0,5 gm,

Riboflavin (Vitamin B2) – 0,033 mg,

Niacin (Vitamin B3) – 0,098 mg,

Asam Pantothenic (Vitamin B5) – 0,259 mg,

Thiamin (Vitamin B1) – 0,027 mg,

Vitamin B6 – 0,040 mg,

Lemak – 0,11 gm, Protein – 0,65 gm,

Vitamin C – 2,8 mg,

Asam Folat (Vitamin B9) – 7 μg,

Zat besi – 0,28 mg,

Calcium – 16 mg,

Magnesium – 13 mg, Fosfor – 24 mg, Zinc- 0,20 mg,

Potassium – 147 mg.

Fungsi Manfaat mentimun pada Lovebird

Love bird

Love bird

Mentimun bisa buat nurunin OB dan tidak semua Love bird makan mentimun, biasanya mentimun di berikan setelah lomba buat menetralisir OB. Biasanya setelah lomba loveberd terlalu banyak mengkonsumsi asupan vitamin, nah timun di gunakan untuk menetralisir OB tersebut.

Tips cara memberi mentimun pada Lovebird

Mentimun yang baik adalah mentimun yang masih berwarna hijau pekat dan muda. Karena mentimun yang masih muda banyak mengandung air dan serat. Gunakan potongan kecil setelah di ambil bagian inti buah sebesar kepala sendok teh. kemudian di berikan pada siang hari saja. Jangan sampai layu dan cuci bersih sebelum di berikan pada burung untuk menghilangkan kandungna pestisida. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam kicaumania.