Manfaat Sinar Matahari Pagi Pada Burung Kicau

Manfaat Sinar Matahari Pagi Pada Burung Kicau — Masih banyak kicau mania yang menanggap enteng penjemuran burung di pagi hari. Padahal, sinar matahari salah satu hal yang penting untuk perkembangan burung serta kondisinya. Penjemuran burung kicau di pagi hari juga memiliki banyak manfaat bagi burung kicau yang biasa turun dalam arena lomba.

Sinar matahari di pagi hari dapat membunuh mikroba yang tersembunyi di dalam sangkar. Oleh karena itu, sempatkan untuk menjemur sangkar-sangkar yang tidak terpakai secara berkala pada waktu menjemur burung kesayangan Anda. Menjemur burung di pagi hari juga dapat mengusir kutu atau parasit yang menempel di kulit atau bulu. Itulah yang membuat burung sering memiringkan tubuhnya sambil memekarkan bulu agar sinar matahari bisa menembus lapisan kulit dan bulunya.

Manfaat Sinar Matahari Pagi Pada Burung Kicau

Penjemuran pada pagi hari terutama setelah matahari baru terbit sangat baik untuk meredakan burung peliharaan yang sedang stress, atau bahkan yang sedang macet bunyi. Pada saat penjemuran di pagi hari, kulit akan mensistesa vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Vitamin D yang terserap bisa membantu penyerapan kalsium dalam tubuhnya yang membuat tulang semakin kuat.

Sinar pagi matahari juga dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang lemah, karena itu sering kita lihat burung yang mengembangkan bulu-bulunya dan tampak malas-malasan, setelah dijemur bebeapa saat mereka langsung terlihat aktif kembali.

Untuk burung yang mengalami kegemukan, sinar matahari di pagi hari bisa membantu menurunkan berat badannya dengan meningkatkan metabolisme mereka melalui stimulasi tiroid. Namun hal yang perlu diperhatikan pada saat menjemur burung adalah untuk tidak terlalu berlebihan saat menjemur burung kicauan, karena ada beberapa jenis burung yang memang tidak kuat dan mudah mengalami dehidrasi ketika terpapar sinar matahari untuk waktu yang cukup lama. Penjemuran yang baik berlangsung mulai dari saat burung diembunkan atau pada pagi hari sekali sampai pukul 10 atau sebelum pukul 11 siang.