Penyebab Dan Solusi Pleci Stres Macet Bunyi

Penyebab Dan Solusi Pleci Stres Macet Bunyi — Terkadang burung pleci kita tiba tiba macet bunyi, mungkin karena stres, mari kita caritahu penyebab dan solusi pleci stres. Untuk mengenali berbagai gejala kondisi stress yang dialami pleci, bisa diawali dari pantauan mata telanjang. Burung yang sedang mengalami stress akan terlihat jelas perbedaannya dengan burung sehat.

plcei

Ciri Pleci Sehat

Indikator burung sehat antara lain, rajin berkicau, daya fighternya tinggi, nafsu makan tidak terganggu dan gerakannya lincah. Begitu sebaliknya dengan ciri-ciri burung yang kondisi kesehatannya terganggu dalam hal ini mengalami stress. Burung ini akan malas berkicau, daya fighternya menurun begitu juga dengan nafsu makan dan cenderung malas bergerak.

Bila melihat ciri-ciri tersebut di atas, maka tidak menutup kemungkinan pleci andalan Anda mengalami kondisi seperti ini. Penyebabnya bisa bersumber dari beberapa faktor. Antara lain ditimbulkan dari serangan hewan predator seperti kucing, anjing, tikus atau binatang lainnya.

Serangan hewan predator dapat menyebabkan guncangan secara psikis pada burung. Apalagi pleci memiliki postur tubuh mungil, otomatis apabila diserang binatang predator dengan postur tubuh lebih besar akan menyebabkan trauma mendalam.

Gangguan dari binatang predator mungkin masih bisa diatasi dengan berbagai proteksi. Agar burung dapat merasa aman dan nyaman. Penyebab lain yang mungkin tanpa disadari pleci mania lakukan adalah eksploitasi tampil di berbagai lomba.

Sudah diketahui secara umum, jadwal lomba dari tingkat lokal hingga nasional makin padat. Bahkan kini di setiap kota yang dibanjiri gantangan akan memiliki jadwal padat latberan untuk pleci.

Tanpa disadari mungkin pleci mania akan selalu tancap gas untuk menampilkan jagoannya ke berbagai gantangan yang ada. Tanpa istirahat atau jeda dari padatnya kompetisi dapat menyebabkan pleci stress. Karena burung mungil ini dipaksa selalu tampil pada puncak performa. Pemberian ekstra fooding dalam porsi berlebih juga bisa menyebabkan kondisi pleci ngedrop.

Cara Menyambuhkan Pleci Stres Macet Bunyi

cara merawat burung,perawatan pleci mabung om kicau,mabung nyulam,mabung omkicau,biar gacor,agar cepat gacor,

Setelah mengetahui penyebabnya, maka segera lakukan penanganan agar kondisi pleci tidak semakin parah. Penanangan secara umum bisa diawali dengan mengkarantina di ruangan. Letakan burung yang mengalami stress di ruangan karantina tanpa didampingi burung sejenis atau lainnya. Tujuannya agar memberikan rasa tenang.

Selanjutnya memulihkan kondisi kesehatan dengan diawali dengan meningkatkan nafsu makannya. Berikan suplemen yang aman dan banyak direkomendasi kicau mania. Dapat juga digunakan buat mengatasi dan mencegah stress pada burung, merangsang burung berkicau, memenuhi kebutuhan vitamin dan juga menjaga keseimbangan tubuh, menjaga stamina burung dan meningkatkan nafsu makan. Vitamin ini baik digunakan untuk menjaga kesehatan burung, membantu penyembuhan burung-burung yang kondisinya kurang fit atau burung sedang sakit.

Bila sudah mulai menunjukkan perubahan, selanjutnya bisa melakukan terapi dengan mengeluarkan dari ruang karantina. Waktu yang tepat dan direkomendasikan adalah dikeluarkan pada pagi hari. Tujuannya sekaligus untuk diembunkan di pagi hari. Kemudian dijemur sebentar untuk mendapatkan kehangatan sinar matahari.

Bila sudah mulai pulih, burung akan mulai aktif berkicau. Lambat laun bakal semakin rajin, volume mulai keluar, dan suara sudah jernih. Dalam kondisi ini, pleci mania boleh mulai menempel dengan burung sejenis.

Tujuannya untuk mengadaptasi dengan lingkungan atau membiasakan bertemu dengan burung sejenis. Latihan ini juga dapat dijadikan alternatif awal untuk melatih mental. Dengan catatan, pleci yang dibuat partner masih kondisi setengah jadi. Agar mental dari burung yang baru pulih dari stress perlahan meningkat.

cara mengatasi pleci macet paling cihuiiii

Usahakan hindari dipertemukan dengan pleci yang mental dan kualitas diatasnya. Karena dikhawatirkan ketika “digempur” dengan kicauan, mental dari burung yang baru pulih ngedrop lagi.

Langkah selanjutnya mulai bawa ke tempat latihan. Adaptasikan dulu dengan lingkungan gantangan dengan cara digantang di pinggir tenda peserta. Biarkan pleci ini terbiasa dengan suasana gantangan dan lalu lalang orang di gantangan.

Bila sudah mulai aktif berkicau dan mentalnya mulai membaik, bisa ikutsertakan dengan cara mendaftarkan di kelas-kelas bertiket murah. Jangan dipaksakan mengikuti lebih dari satu sesi. Cara ini bertujuan sekadar melatih mental tempurnya. Maka setelah menunjukkan perkembangan positif, berarti pleci sudah siap tampil lagi di lapangan.