Tips Ampuh Merawat Fife Fancy Kenari

Tips Ampuh Merawat Fife Fancy Kenari — masterburungkicau.com.Kenari Fife Fancy termasuk dalam kategori “type canary”, atau varietas jenis, yang diternak karena bentuk fisiknya, dan tidak terlalu memperhatikan warna serta suaranya. Karena baru dikembangkan sejak tahun 190-an oleh peternak di daerah Fife, Skotlandia, kenari ini termasuk jenis kenari yang baru. Kenari Fife Fancy memiliki fisik menyerupai Border Canary, dengan ukuran lebih kecil.Nama Ilmiah:Serinus canaria domesticus.

fife fancy kenari gambar

fife fancy kenari gambar

Habitat Asal

Karena termasuk jenis kenari yang baru-baru ini saja dikembangkan, Kenari Fife Fancy memiliki dokumentasi yang lengkap. Kenari Fife Fancy mulai dikembangkan pada tahun 1950-an di daerah Fife di Skotlandia. Ini adalah versi mini dari Border Canary yang memiliki panjang tubuh hingga 5,5 inchi (14 cm). Panjang tubuh dari Kenari Fife Fancy sendiri sekitar 4,5 inchi (11,4 cm).

Ciri Ciri Kenari Fife Fancy

Banyak yang menganggap Kenari Fife Fancy merupakan versi mini dari Kenari Border. Hal ini tak mengherankan karena selain ukuran Kenari Fife Fancy yang lebih kecil (sekitar 4,5 inchi atau 11 cm, kedua jenis kenari ini memiliki banyak kemiripan. Kenari Fife Fancy tersedia dalam banyak warna, seperti putih, kuning, biru, coklat, dan lain-lain.

Perawatan dan Pemberian Pakan

Burung kenari suka ditempatkan di ruang yang lapang. Selain itu, jangan lupa berikan tangkringan dengan tinggi dan ukuran yang berbeda sebagai tempat tidur. Kandang juga sebaiknya diletakkan di tempat yang tinggi sehingga kenari bisa melihat kebawah pada kita saat bernyanyi.

Makanan utama burung kenari Kenari Fife Fancy adalah canary seed dan rape seed. Kenari juga sebaiknya diberi vitamin secara berkala. Selain itu, berikan sayuran hijau setiap hari dan selingi dengan pemberian sotong. Kenari juga suka mandi, jadi berikan tempat air khusus untuk mandi. Bersihkan sangkar secara rutin, dan jangan lupa potong kuku kenari yang mulai memanjang.Baca Juga Mengenai ” Fife Fancy Skotlandia Tahan Godan Si Kutilang