Tips Jitu Merawat Burung Stres Salto

Bagaimana Menyembuhkan Burung Stres dan Slato — masterburungkicau.com.Seringkali burung kesayangan anda menjadi stres dan tidak mau berbunyi karena perpindahan tempat baru.Burung kesanyangan anda tidak mau bunyi berkicau, padahal tadinya gacor sekali sebelum anda membelinya.Banyak kasus terjadi pada burung ynag gampang stres sepereti burung keluarga cucak, cucak ijo dan cucak jenggot, burung kecil seperti ciblek (pleci ) dan kenari.Ada beberapa tisp untuk mengatasi burung agar tidak stres saat berpindah tempat.

bueung-kenari

ilustrasi

Tips Mengatasi Burung Stres Karena Perpindahan Tempat

  1. Burung yang stres membutuhkan lokasi yang tenang, dan tanpa gangguan. Karena itu, tindakan pertama saat menghadapi burung stres adalah menjauhkannya dari keberadaan burung lain. Menjauhkan ini harus dalam dua konteks sekaligus: burung tidak melihat burung lain, dan burung tidak mendengar suara burung lain. Jadi, silakan digantang di lokasi yang tenang dan nyaman, misalnya dalam ruangan, sambil memutarkan suara terapi alam (natural therapy).

  2. Jika Anda tidak memiliki lokasi / ruangan yang benar-benar bisa membuat burung merasa tenang, solusi full kerodong bisa diterapkan, terutama sejak petang dan malam hari. Hal ini untuk menstimulasi kondisi “hari” pada burung stres, sehingga bisa memulihkan kondisi fisiologisnya.

  3. Apabila memiliki kandang umbaran, Anda bisa menggunakannya untuk merawat burung stres. Hal ini untuk melatih otot-otot sayapnya, menguatkan kembali mentalnya, sekaligus mempercepat kesembuhan burung dari stres. Terapi kandang umbaran ini cukup dilakukan 1-2 jam sehari, yang bisa Anda lakukan pada pagi atau sore hari. Jika tidak memiliki kandang umbaran, memindahkan burung ke dalam sangkar harian yang lebih besar selama beberapa jam juga bisa membantu proses kesembuhannya.

  4. Burung stres membutuhkan pakan dengan kadar energi dan protein tinggi, serta asupan vitamin dalam jumlah cukup. Selama dalam perawatan, silakan gunakan BirdVit setiap hari, sampai kondisi fisiknya berangsur-angsur membaik.

  5. Khusus untuk burung yang stres sehabis sakit, sehabis mabung, atau tubuhnya terlihat kurus (sangat dimungkinkan mengalami anemia), maka terapinya bukan menggunakanBirdVit, melainkan BirdFine.

  6. Selama merawat burung stres, berikan kroto (1 cepuk) setiap pagi dan sore hari.