Tips Membersihkan Kaki Burung Bersisik

Tips Membersihkan Kaki Burung Bersisik — masterburungkicau.com. Sisik pada kaki burung akan terus tumbuh dan berkembang sesuai umurnya, semakin tua burung tersebut maka semakin tebal sisik yang ada pada kaki mereka. Namun selain dipengaruhi oleh faktor usia, sisik pada kaki juga bisa terjadi akibat jamur atau tungau penyebab “scaly leg”

Salah satu metode pengobatan yang dianggap cukup ampuh membersihkan sisik, jamur maupun scaly leg adalah dengan menggunakan minyak Tea Tree Oil yaitu sejenis minyak esensial yang berasal dari tumbuhan. Malalueca alternifolia

Cara membersihakan Kaki Burung Berjamur

Penggunaan minyak tea tree oil untuk mengatasi masalah yang mengganggu kaki burung peliharaan ini sudah cukup lama dikenal oleh kalangan kicaumania di beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Bahkan di Vietnam para pedagang burung di sana kerap menggunakan minyak ini untuk menghilangkan sisik kaki burung yang sudah berumur tua, dan kemudian menjualnya kembali sebagai burung muda.

membersihkan kaki buung

masterburungkicau.com

Membersihkan sisik pada kaki burung memang cukup riskan, terlebih jika burung tersebut sudah dalam kondisi gacor. Akibat yang mungkin saja terjadi adalah burung yang bisa menjadi macet bunyi pada waktu sisik pada kakinya kita bersihkan dengan cara yang terlalu kasar.

Namun ada cara yang lebih halus dalam melakukan hal tersebut, yaitu dengan mengoleskan atau merendam kaki burung dalam wadah yang berisi minyak tea tree oil, lalu biarkan selama satu menit sampai minyak meresap dan setelah itu anda bisa menggosok lembut kaki-kakinya. Pada waktu menggosok itulah kaki burung akan terlihat kemerahan, namun antiseptik yang terdapat dalam minyak ini bisa membantu mencegah infeksi dan timbulnya luka.

Lakukan setiap hari sampai kakinya bersih dari keberadaan sisik, jamur atau scaly leg. Semoga bermanfaat