Tips Memulihkan Kondisi Cendet Setelah Mabung

Tips Memulihkan Kondisi Cendet Setelah Mabung — Kita tahu bahwa burung cendet atau pentet ini adalah burung yang fighter, dengan suara khasnya yang merdu dan tingkahnya yang gagah membuat cendet seakan menjadi primadona tersendiri bagi sebagian besar cendetmania, tidak hanya itu ketika sudah di perlombaan maka tidak ada yang bisa menandingi performa burung cendet apalagi pas nagen, pastinya burung cendet ini bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya.

Tips Memulihkan Kondisi Cendet Setelah Mabung1

Namun ketika mabung rasanya kebanggan tersebut sirna, karena ketika masa mabung inilah banyak sekali potensi luar biasa yang dimiliki oleh cendet kemudian menurun, seperti kicauan yang menjadi lebih pendiam, kemudian tingkahnya juga akan terlihat lebih agresif, bulu rontok ini telah menurunkan performannya secara drastis, masa mabung ini terjadi antara 2 bulanan atau lebih cepat, apabila terjadi lebih lama maka anda harus segera menanganinya, seperti pada artikel Cara Mengatasi Cendet Mabung Tidak Tuntas.

Ketika masa mabung inilah kita harus lebih memperhatikan burung cendet kita, seperti pemberian pakan, asupan multivitamin, dan juga rawatan harian yang lebih baik, namun diantara kesekian saran yang ada, terdapat pula cara mengatasi dan mengembalikan kondisi cendet yang sudah mabung alias pasca mengalami mabung, seperti apakah caranya ? , berikut ulasannya :

  1. Keluarkan cendet setiap pagi dan gantang diteras rumah agar mendapatkan udara yang lebih segar dipagi hari.
  2. Jam 7 pagi mandikan cendet dengan spray ataupun keramba
  3. Lalu angin-anginkan sembari diberi 10 jangkrik ditambah kroto 1 sdt.
  4. Habis diangin-anginkan kemudian jemur sampai jam 10 pagi
  5. Kemudian angin-anginkan kembali ditempat yang sejuk seterusnya kerodong sampai jam 3 sore (15.00)
  6. Saat jam 3 sore , buka kerodong dan kembali jemur dengan diberi 5 ekor jangkrik dan kroto 1 sdt.
  7. Setelahnya kerodong cendet sampai pagi (istirahat)
  8. Lakukan perawatan seperti diatas sampai kemudian terlihat kondisi cendet lebih baik dari sebelumnya.
  9. Pemberian pakan ini bisa difariasikan yaitu, dari Senin sampai Kamis berikan pakan seperti biasanya, namun untuk hari Jum’at dan Sabtu berikan tambahan 3 ekor UH dipagi hari dan sorenya, sementara jangkriknya berikan 15 ekor pagi hari, dan 7 ekor disiang sorenya.
  10. Jagalah mental cendet dengan tidak mempertemukan dengan burung sejenis , dan juga jangan sekali-kali memperlombakan cendet saat masa pemulihan tersebut.

Demikian Tips Memulihkan Kondisi Cendet Pasca Mabung, semoga bermanfaat.