Tips Pleci Garut Suara Tembus Kristal

Tips Pleci Garut Suara Tembus Kristal — masterburungkicau.com. Burung Pleci Asal Garut memang selalu menjadi incaran para pecinta kicau mania, Para kicau mania yang datang bukan hanya dari daerah garut saja tetapi banyak juga yang datang dari luar wilayah garut seperti : Jogjakarta, Jakarta, Bandung, Cirebon, Jawa tengah, Jawa timur, Bali, Lombok dll, hanya karena untuk membeli Burung Pleci terbaik yang berasal dari daerah Garut.

Tips Pleci Garut Suara Tembus Kristal

Tips Pleci Garut Suara Tembus Kristal

Burung Pleci sebenarnya tersebar luas ditanah Indonesia, soba kicau bisa menemukan dimana saja, tetapi kwalitas Burung Pleci tersebut berbeda beda-beda untuk setiap daerah, penyebabnya dikarenakan oleh faktor alam dan iklim di setiap daerah.

Mengenal Ciri Jantan Dan Berina Pleci Garut

Menurut Salah satu kicau mania Garut “Burung Pleci Garut biasanya mempunyai bentuk paruh yang lebar dan panjang, dengan warna bulu dada kuning bening, dan diatas hidung terdapat urat emas, sedangkan lingkaran matanya cenderung berwarna kuning gelap.

Menurut salah satu kolektor Burung Pleci Juara asal Bandung “Burung Pleci Garut mempunyai khas yang uniq, bunyi ngerolnya sangat nyaring dan mempunyai tembakan yang berbeda-beda

Untuk membedakan Burung Pleci asal Garut dengan Burung Pleci luar Garut memang cukup sulit karena hampir tidak bisa dibedakan, tetapi kalau sudah berbunyi maka akan kelihatan dari cara ngerolnya dan tembakan yang sangat nyaring.

Beberapa Tips Pleci Garut Suara Tembus Kristal

Tips Pleci Garut Suara Tembus Kristal

Tips Pleci Garut Suara Tembus Kristal

Pemasteran

Lakukan pemasteran secara teratur gunakanlah master dari burung aslinya atau alat elektronik lainnya. Suara yang cocok untuk mengisi atau sebagai terapi agar suara burung pleci cepat tembus adalah dengan suara kenari, kolibri, kuniran, gereja tarung, rembetan, ciblek, gelatik dll. Dalam pemasteran burung pleci usahakan gunakan suara yang keras seperti suara master aslinya

Kandang Umbaran

Pleci juga perlu latihan fisik agar mempunyai tubuh yang kuat dan sehat. Salah satu latihan fisik tersebut juga berguna untuk melatih nafas dan suaranya agar lebih kencang atau tembus kristal. Tetapi latihan ini juga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, di anjurkan untuk memberikan latihan ini satu minggu hanya satu kali. Jika lebih dari itu ditakutkan burung akan merespon latihan tersebut sebagai latihan fisik saja bukan melatih suara, sehingga ketika burung dipindah ke kandang harian hanya berloncat indah saja dengan sedikit mengeluarkan suara. Maka dari itu perlu adanya waktu khusus yang terjadwal dan konsisten.

Tips Pleci Garut Suara Tembus Kristal

Tips Pleci Garut Suara Tembus Kristal

Pemberian Makanan

Berikan makanan dengan kadar protein tinggi ini dimaksudkan agar burung birahi sehingga secara naluri mereka akan mengeluarkan suara kerasnya untuk mencari dan menarik perhatian betina.

Pemberian Minuman

Berikan asupan minuman dengan porsi lebih bnyak dari pada biasanya dan yang disukai pleci anda seperti minuman manis-manis yang banyak tersedia dipasaran atau dengan ramuan minuman yang kita buat sendiri. Tapi untuk anda dengan waktu terbatas karena sibuk dengan pekerjaan disarankan untuk menggunakan minuman instan yang ada dipasaran. Kegunaan dari minuman tersebut adalah agar burung terbiasa minum dengan porsi banyak dan hanya sedikit makan sehingga fisik burung itu sendiri akan terlihat proporsional ramping dan nafas biasanya lebih panjang dengan badan tegak kaki terlihat jenjang.