Tujuh Manfaat Bawang Putih Untuk Burung

Tujuh Manfaat Bawang Putih Untuk Burung — masterburungkicau.com. Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, danEropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Bawang putih (Allium sativum

Bawang putih (Allium sativum)

Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.// wikipedia//

Baca Artikel sebelumnya mengenai Manfaat Mentimun Untuk Burung Kicau

Belum banyak kicaumania yang memahami apa khasiat bawang putih jika diberikan kepada burung kicauan. Sebenarnya bawang putih sering digunakan pada burung merpati, perkutut, derkuku, dan puter, terutama untuk menghangatkan tubuh pada musim hujan.

Cara Mememanfatkan bawang putih

Jika dibiarkan begitu saja, bawang putih tidak akan berbau. Namun ketika ditumbuk, Anda bisa langsung mencium baunya yang khas dan menyengat. Bau itu muncul karena zat alin pada bawang putih mengalami kontak dengan enzim alinase, lalu terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat.

Common-Bird-Behaviours-To-L

Bau menyengat alisin disebabkan kandungan zat belerang. Aroma bawang putih ini akan makin menyengat jika zat belerang (sulfur) yang terdapat dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara. Sebab ammonia merupakan zat yang mudah menguap. Nah, kandungan senyawa alisin itulah yang memiliki sifat obat alias memiliki efek menyembuhkan.

Manfaat bawang putih untuk burung kicauan

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk burung kicauan:

Anti Bakteri

Dari beberapa penelitian menyebutkan, zat alisin pada satu siung bawang putih memiliki sifat antibakteri, Yaitu sebagai berikut  Escherichia, Salmonella, Staphylococcus, Streptococcus, Klebsiella, Proteus, Bacillus, dan Clostridium.

Karena punya sifat antibakteri inilah, bawang putih bisa mengobati burung kicauan yang mengalami gangguan pencernaan yang disebabkan bakteri.

Anti Jamur

Bawang putih juga memiliki khasiat anti jamur yang baik juga dapat menghambat pembentukan mikotoksin seperti aflatoksin dari parasit aspergillus (Aspergillus parasiticus). Jadi, bawang putih dapat mencegah aneka penyakit yang disebabkan jamur pada burung.

Anti Parasit

Bawang putih sudah lama digunakan sebagai obat cacing, karena memiliki efek antiparasit. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa alisin cukup efektif melawan beberapa jenis parasit yang biasa menyerang burung peliharaan.

Anti Virus

Alisin yang terkandung dalam bawang putih pun bisa berfungsi sebagai antivirus yang mampu mencegah burung terinfeksi dari serangan virus, baik yang berasal dari burung liar, lingkungan kotor, dan air minum yang terinfeksi.

Pengobat Flue Dan Pilek

Pada musim pancaroba maka burung rentan dengan penyebaran virus, untuk sahabat yang memiliki peliharaan burung dari berbagai jenis baiknya berikan bawang putih karena hormon daya tahan tubuh burung terhadap serangan virus berbeda kekuatannnya. sehingga memungkinkan penyabaran flue dan pilek akibat tertular dari satu burung yang sakit saja.

Pengatur suhu badan burung

Menjaga suhu tubuh agar tetap terjaga terutama dapa musim hujan, burung memerlukan kondisi yang prima dalam menjaga suaranaya agar tetap berkicau dengan baik

Pengobat Luka Luar

Selain dapat menumbuhkan bulu yang tidak dapat tumbuh baik sahabat bisa gunakan bawangputih sebagai pengobat luka luar pada burung, seperti luka lecet dan bekas kjamur yang di kelupas terutama pada bagian kaki dan kulit luar. Untuk murai batu baca terapi menumbuhkan bulu

Demikian artikel terkait bawang putih yang kami peroleh dari beberapa sumber. semoga artikel diatas bermanfaat dan salam kicau mania