Khasiat Jahe Untuk Kenari

Khasiat Jahe Untuk Kenari —Banyaknya kendala dihadapi dalam merawat burung ocehan adalah saat burung kesayangan kicauannya anda rasa kurang prima, saat burung berkicau sebenarnya dia mengeluarkan energi, sehingga kita harus memahami dan mencermati mengenai kondisi, kemauan dan keinginan burung kenari kita, sebab masalah konsistensi dalam berkicau semua mengerucut kepada stamina saat berkicau burung kenari kita.

khasiat-dan-manfaat-jahe

sahabat kami akan akan memberikan sedikit info atau tips mengenai menjaga stamina kicauan burung kenari melalui pakan racikan yang dibuat sendiri. Sebab mau tidak mau suka tidak suka, dengan masukan pakan yang kurang bagus pada burung kenari kita maka burung kenari kita pun tidak akan maksimal juga saat berkicau, sebaliknya apabila kita mampu menyajikan pakan yang baik untuk di konsumsi burung kenari kita, maka hasilnya pun burung kenari kita bisa berbuat sesuatu dalam menampilkan kicauannya dan mampuh secara konsisten menjaga staminanya.

pakan-kenari-yang-bagus

Cara mendapatkan suara kicau burung kenari kita tampil prima, haruslah kenari diberikan makanan atau pakan tambahan yang bagus, mantap juga yang bisa mendongkrak staminanya. Untuk pakan tambahan yang andalan buat burung kenari kita, kita sendiri sebetulnya bisa meracik dan membuatnya sendiri, sehingga kita akan sangat paham dan mengerti apa yang dibutuhkan untuk burung kenari kita dalam memacu kicauannya.

Secara garis besar kami akan memberika sedikit tips dan trik untuk memicu burung kenari kita mampu tampil prima dan memiliki stamina dalam setiap kicauannya, sebagai berikut :

  • Siapkan bahan-bahan yang di butuhkan seperti 1 siung jahe dan juga siapkan 1 siung kunyit, kedua bahan tersebut parut hingga halus, dalam memarut bisa menggunakan yang manual atau pun bisa juga dengan blander
  • Setelah jahe dan kunyit beres di haluskan tahapan selanjutnya adalah kita siapkan air kurang lebih 1 atau 2 gelas air mineral panaskan dan masukan jahe sama kunyit yang telah halus tadi ke dalam air yang mendidih tersebut, tunggu hingga kurang lebih 10 sampau 15 menit.
  • Setelah mendidih dan kita rasa sudah cukup untuk mengaduk kedua bahan tersebut sehingga khasiatnya akan keluar maka tahap selanjutnya titiskan air tersebut, dan coba pindahkan ke tempat (panci) yang lebih besar apabila panci sebelumnya kecil.
  • Apabila air sudah dingin kembali, maka tahap selanjutnya masukan pakan kenari yang biasa (diusahakan yang sudah bersih) atau pakan kenari kiloan (diusahakan yang sudah bersih), kedalam air yang sudah di campur jahe dan kunyit tersebut. Untuk 1 siung jahe dan 1 siung kunyit (yang tadi dibuat) bisa di camurkan dengan 1 kilo pakan kenari.
  • Setelah tercampur aduk perlahan-lahan (jangan sampai merusak setruktur pakan kenari tersebut) dikira sudah teraduk dan tercampur merata diamkan dahulu sejenak supaya khasiat dari jahe dan kunyit meresap sempurna ke pakan kenari, lamanya meresap kurang lebih 5-15 menit, jangan terlalu lama juga karena bisa merusak struktur dari pakan kenari tersebut.
  • Tahap selanjutnya angkat atau saring lalu keringkan pakan kenari tersebut, proses pengeringan bisa langsung di jemur matahari sampai benar-benar kering, atau apabila setelah dijemur masih terasa basah maka kita lakukan penggarangan caranya dengan di garang di katel tapi tanpa menggunakan minyak goreng, serta menggunakan api yang paling kecil. Pada saat penggarangan kita harus terus mengaduknya jangan sampai hanya kering sebagian malahan sampai gosong ini dilakukan tidak boleh lama dan hanya kita rasa pakan tersebut telah kering sempurna.
  • Sajikan racikan pakan tersebut pada kenari kita, maka akan terlihat peninggkatan stamina kicauan burung kenari kita konsisten dalam segala medan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.